Pembukaan MTQN XL Sumbar di Solok Selatan Berlangsung Meriah

Sakato.co.id – Hujan yang mengguyur bumi Sarantau Sasurambi tak mengurangi kemeriahan pembukaan MTQ Nasional XL tingkat Provinsi Sumatera Barat, Selasa malam (12/12/2023) di Gor Rimbo Tangah, Solok Selatan.

Perhelatan akbar ini dibuka gubernur Sumbar, Mahyeldi Ansharullah bersama Wakil Gubernur, Audy Joinaldy, Kakanwil Kemenag Sumbar, Mahyudin, Bupati dan wakil bupati Solok Selatan, bupati dan Kakan Kemenag se Sumbar serta seluruh kafilah.

Kepela Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sumatra Barat, Mahyudin mengatakan ada 1.149 qori qoriah se Sumatera Barat yang akan berlomba dalam iven dua tahunan ini.

“Setelah dibuka malam ini, besok seluruh kafilah sudah mulai berlomba di setiap venue yang telah ditetapkan tuan rumah. Ada 18 venue dan 13 cabang dengan 35 golongan,” jelas Kakanwil.

Menurut Kakanwil ada beberapa elemen dalam suksesnya pelaksanaan musabaqah diantaranya, peserta, dewan hakim, ofisial dan pelatih.

“Untuk itu kami berharap semua elemen yang ada benar-benar bisa mengikuti petunjuk teknis yang telah ditentukan. Mari bersama-sama kita patuhi semua ketentuan yang sudah kita sepakati bersama,” ajak Kakanwil.

Meski hujan sempat iringi kemeriahan pembukaan MTQ, masyarakat terlihat cukup antusias menyaksikan kemeriahan pembukaan musabaqah.

Salah seorang peserta, Aldi mengaku ingin menyaksikan kesuksesan perhelatan MTQ di daerah kelahirannya. “Ini sejarah yang tak terlupakan bagi kami msyarakat Solok Selatan,” katanya.

Sementara, bupati Solok Selatan, Khairunas, pihaknya berharap dengan kegiatan ini dapat meningkatkan pengetahuan terhadap pentingnya Al-Qur’an dalam membangun mental dan spiritual.

Kemeriahan MTQ ini ditutup dengan tari masal dengan tema cahaya Alquran di Nagari Sarantau Sasurambi yang dibawakan siswa siswi dan mahasiswa Solok Selatan.

(*)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *