Satu Orang Tertimbun Longsor di Solok Selatan, Tim SAR Lakukan Pencarian

Sakato.co.id – Satu orang tertimbun longsor di Jorong Balun Nagari Pakan Rabaa Tengah, Kabupaten Solok Selatan, Provinsi Sumatera Barat, pada Senin 1 Januari 2024 sekitar pukul 16.00 WIB. Korban diketahui bernama Amri, warga setempat.

Kepala Kantor SAR Padang, Abdul Malik mengatakan awalnya informasi kejadian diterima Kantor SAR Padang pada Selasa (2/1/2024) pukul 12.07 WIB dari keluarga korban.

“Berdasarkan keterangan keluarga korban, Amri tertimbun longsor saat mengambil tanah gerondong (tanah mengandung emas) di dekat rumahnya,” ungkapnya.

Setelah mendapat laporan tersebut, Kantor SAR Padang kemudian melakukan koordinasi dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Solok Selatan dan Unit Siaga SAR Solok Selatan. Unit Siaga SAR Solok Selatan bergerak menuju lokasi kejadian pada pukul 12.24 WIB dengan membawa lima orang personil.

“Setibanya di lokasi kejadian, tim SAR melakukan koordinasi dengan BPBD Kabupaten Solok Selatan dan masyarakat setempat untuk melakukan pencarian korban. Pencarian dilakukan dengan menggunakan alat berat dan alat bantu lainnya,” sebutnya.

Hingga berita ini diturunkan, tim SAR masih melakukan pencarian terhadap korban.

Lebih lanjut Abdul Malik menyampaikan, untuk kesiapan pencarian pihaknya telah mempersiapkan peralatan dan personel yang memadai untuk melakukan pencarian korban.

“Kami telah menyiapkan satu unit Rescue Carrier Vehicle, satu unit Truck Personil, tiga personil Tim Search and Rescue (SAR) Gunung, dua personil Tim SAR Komunikasi, dua personil Tim SAR Medis, dan dua personil Tim SAR Pendukung lainnya,” kata Abdul Malik.

Abdul Malik mengimbau masyarakat untuk selalu berhati-hati saat melakukan aktivitas di daerah rawan longsor. Masyarakat juga diminta untuk tidak mengambil tanah gerondong di daerah rawan longsor.

“Kami mengimbau masyarakat untuk selalu berhati-hati saat melakukan aktivitas di daerah rawan longsor,” kata dia.

(*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *