Baznas RI-Pemkab Sijunjung Luncurkan Balai Ternak Baznas di UPT Padang Tarok

Sakato.co.id – Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) RI bersama Pemerintah Daerah Kabupaten Sijunjung meluncurkan Balai Ternak Baznas bertempat di Unit Permukiman Transmigrasi (UPT) Nagari Padang Tarok, Kecamatan Kamang Baru, Kabupaten Sijunjung, Sumatra Barat, pada Selasa, 12 Desember 2023.

Balai ternak ini merupakan salah satu program BAZNAS dalam rangka pengentasan kemiskinan di wilayah pedesaan, yang menyasar peternak mustahik sebagai penerima manfaatnya, adapun Komoditas ternak yang dibudidayakan yaitu domba, kambing, sapi, dan ayam broiler.

Peluncuran Balai ternak ini merupakan program bantuan dari Baznas RI untuk kelompok Ternak Kondang Jaya UPT Nagari Padang Tarok Nagari Kamang Baru Kabupaten Sijunjung.

Penerima manfaat di Balai ternak Sijunjung ini berjumlah 25 orang dan mendapatkan 185 ekor bantuan kambing Jawa Randu, yang terdiri dari 5 pejantan, 100 indukan dan bakalan 80 ekor.

Jumlah anggaran Program ini sebesar Rp.459.650.000,- yang berasal dari Baznas RI sebesar Rp.269.650.000,- dan Baznas Sijunjung Rp.200.000.000,-.

Direktur Penguatan, Pendistribusian, dan Pendayagunaan Baznas RI Agus Siswanto dalam sambutannya mengatakan program Balai Ternak ini merupakan salah satu program produktif yang diluncurkan Baznas RI, yang ditujukan untuk mendorong kemandirian ekonomi peternak mustahik.

“Pada program ini, Baznas tak hanya memberikan bantuan modal, namun juga pendampingan dan pelatihan secara berkala agar menjamin kualitas ternak yang dihasilkan,” ujarnya.

“Balai Ternak ini memadukan konsep pembibitan ternak dan penggemukan ternak dengan pemberdayaan masyarakat khususnya petani dan peternak kecil, Hingga kini program Balai Ternak telah berdiri di 19 Provinsi, 29 Kabupaten, dan 41 titik binaan,” sambungnya.

Agus menambahkan, Program Balai Ternak telah memberi manfaat kepada 1.066 mustahik binaan yang tersebar hampir seluruh Indonesia, dan meningkatkan perekonomian mereka. Selain itu, program Baznas ini akan sangat optimal jika didukung keseriusan dari seluruh pihak yang terlibat, seperti yang terjadi di Balai Ternak Baznas di daerah lain.

Bupati Sijunjung Benny Dwifa pada kesempatan tersebut menyambut baik program Baznas yang hadir di Kabupaten Sijunjung. Menurutnya, hal ini sejalan dengan upaya Pemerintah Kabupaten Sijunjung untuk membantu kesejahteraan ekonomi masyarakat Sijunjung khusunya.

“Kami berharap balai ternak ini dapat terus berkembang dan menjadi contoh untuk masyarakat kurang mampu di Sijunjung agar terus bersemangat untuk bangkit,” ujarnya.

Sementara itu, Pimpinan Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) RI Bidang Pendistribusian dan Pendayagunaan, Saidah Sakwan dalam kesempatan terpisah mengatakan target penerima manfaat dari program ini adalah masyarakat yang bersemangat untuk beternak, masuk kategori fakir atau miskin, bertekad kuat memperbaiki taraf hidup, dan secara fisik mampu bekerja keras.

“Baznas memprioritaskan keluarga yang diintervensi modal adalah yang masuk kategori miskin dan fisabilillah. Semoga apa yang diupayakan Baznas selalu diberi kelancaran,” ucapnya.

Peluncuran balai ternak ini dihadiri Direktur Penguatan, Pendistribusian, dan Pendayagunaan Baznas RI, Agus Siswanto. Peluncuran ini juga dihadiri langsung Bupati Sijunjung Benny Dwifa Yuswir, Perwakilan Baznas Sumbar, perwakilan Baznas Sijunjung dan jajaran terkait, kepala OPD di lingkup Pemerintahan Daerah Kabupaten Sijunjung, Camat Kamang Baru, Walinagari Padang Tarok serta tamu undangan lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *