500 Pelaku UMKM di Padang Dapatkan Pelatihan Sertifikasi Halal Gratis dari BCA

Sakato.co.id – Untuk terus mendukung pengembangan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dan ekonomi halal di Indonesia, PT Bank Central Asia Tbk (BCA) bersama Kementerian Koperasi dan UKM (Kemenkop UKM) menggelar Workshop Sertifikat Halal secara gratis untuk UMKM binaan BCA di Kota Padang, Selasa (12/12/2023).

Selain menggelar Workshop, BCA juga memberikan pelatihan seputar pendaftaran sertifikasi halal self declare. Hal ini diharapkan agar UMKM dapat memperoleh sertifikasi halal secara mandiri.

Kegiatan tersebut diikuti hingga 500 UMKM di Kota Padang, yang menandai berakhirnya rangkaian kegiatan “Pelatihan Pendaftaran Sertifikat Halal Self-Declare bagi
UMKM Binaan BCA” untuk tahun 2023.

Pelatihan ini turut dihadiri oleh Gubernur Sumatera Barat Mahyeldi Ansharullah, Deputi Bidang Usaha Mikro Kemenkop UKM Yulius, Kepala Pusat Registrasi dan Sertifikasi Halal Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) Kementerian Agama Republik Indonesia Siti Aminah, EVP Bisnis Komersial & SME Freddy Iman, Kepala Kantor Wilayah V Iwan Santoso Narto, dan Kepala KCU BCA Padang Robert Siahaan.

EVP Bisnis Komersial & SME Freddy Iman mengatakan, BCA menyadari peran penting UMKM dalam
pertumbuhan ekonomi nasional. Untuk itu, melalui program pelatihan sertifikasi halal ini, BCA berkomitmen untuk mendukung perkembangan bisnis UMKM, terutama dengan memahami tingginya permintaan terhadap produk bersertifikasi halal di Indonesia.

“Kami berharap pelatihan sertifikasi halal ini akan melahirkan lebih banyak UMKM yang lebih mandiri dalam meningkatkan kualitas produk mereka sekaligus mampu bersaing di pasar domestik maupun mancanegara,” ungkapnya.

Kemudian kata Freddy, dalam pelaksanaan kegiatan Workshop Sertifikat Halal, BCA juga memberikan insentif pengajuan sertifikasi halal gratis kepada pelaku UMKM yang mengikuti kegiatan ini. Insentif ini diharapkan dapat meringankan beban pemilik usaha yang ingin mengembangkan bisnis mereka dengan mendapatkan sertifikat halal.

“Hingga 7 Desember 2023, BCA telah berhasil menerbitkan sebanyak 228 sertifikat Halal. Sementara itu,
terdapat 215 sertifikat yang masih dalam tahap antrean. Sertifikat yang telah diterbitkan dan masih proses antrean berasal dari UMKM yang tersebar di Lombok, Makassar, Tulung Agung, Surabaya, Tasikmalaya, Solo, Banjarmasin serta Jabodetabek,” jelas Freddy.

“Melihat antusiasme nasabah BCA yang tinggi, kami optimis target penerbitan 1.000 sertifikat halal dapat tercapai. Lebih lanjut, kami juga ingin mengucapkan terima kasih kepada UMKM yang mengikuti penyelenggaraan workshop ini. Hal ini karena selama penyelenggaraan workshop, terdapat penambahan nasabah baru, akuisisi QRIS/EDC BCA serta potensi Kredit Produktif BCA baik KUR maupun Non-KUR,” imbuhnya.

Sementara itu, Gubernur Sumatera Barat Mahyeldi Ansharullah memberikan apresiasi atas inisiatif BCA mengadakan pelatihan sertifikasi halal untuk UMKM di kota Padang.

“Kami ingin mengucapkan terima kasih kepada BCA dan Kemenkop UKM telah menyelenggarakan pelatihan sertifikasi halal untuk UMKM kota Padang. Kami berharap para pelaku UMKM dapat memaksimalkan potensinya setelah memperoleh sertifikasi halal. Semoga aksi kolaboratif dapat menjadi titik awal bagi terwujudnya ekosistem UMKM yang tangguh dan berdaya saing di kota Padang,” ungkap Mahyeldi.

Data dari Kemenkop UKM menunjukkan bahwa omzet pelaku usaha meningkat rata-rata 8,5% setelah usahanya mengantongi sertifikat halal.

UMKM yang dapat mengikuti pelatihan sertifikasi gratis ini dibagi menjadi dua kelompok, yakni kriteria debitur/nasabah dan kriteria usaha/produk.

Bagi mereka yang masuk ke kriteria pertama adalah UMKM di segmen mikro dengan modal usaha kurang dari Rp2 miliar, memiliki produk sendiri/asli, dan memiliki Nomor Izin Berusaha (NIB). Sementara dari kriteria usaha/produk adalah UMKM yang bergerak di bidang makanan/minuman, industri rumah tangga, memiliki varian produk maksimal 10 jenis, dan belum pernah mengajukan/memiliki sertifikat halal.

Pemberdayaan UMKM terus menjadi fokus utama bagi perjalanan BCA. Selain memberikan pelatihan dan sertifikasi halal gratis, BCA juga memberikan dukungan kepada UMKM melalui sektor pembiayaan.

Tercatat, penyaluran kredit BCA ke sektor UMKM mencapai Rp104,8 triliun atau tumbuh 16,4% YoY per September 2023. Tidak hanya itu, komitmen BCA dalam mendukung UMKM agar terus menjadi juara di Tanah Air, juga tercermin dari penyelenggaraan BCA UMKM Fest 2023 yang digelar secara offline di Gandaria City, Jakarta, pada 9 – 13 Agustus dan secara online pada 12 Agustus – 13 September 2023, dan berhasil menjangkau 1.400 peserta UMKM.

(*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *