Mahfud MD Sebut Posisi Pers Itu Harus Disejajarkan dengan Legislatif dan Yudikatif

Sakato.co.id – Calon Wakil Presiden (Cawapres) Prof. Mahfud MD mengatakan bahwa Jurnalis merupakan elemen penting bagi negara terutama menasbihkan Indonesia sebagai negara Demokrasi. Karena itu, posisi Jurnalis harus disejajarkan dengan legislatif dan yudikatif.

Hal tersebut diungkapkannya saat ngopi bareng dan bincang-bincang dengan sejumlah awak media cetak, elektronik, online dan televisi, di Posko Tim Pemenangan Daerah (TPD) Ganjar-Mahfud, di kawasan Lolong Belanti, Padang, Minggu (17/12/2023).

“Kita sangat terbantu dengan pemberitaan wartawan. Tak ada gunanya berteriak-teriak soal ini soal itu, bila tak ada wartawan yang memberitakan. Tapi, bila kita berkomentar hanya di ruang yang kecil, jika ada jurnalis yang memberitakan maka dia akan jadi besar. Karena itu, Saya selalu berharap kawan pers selalu komit dan konsisten memberikan informasi termasuk penyadaran tentang demokrasi yang dibangun secara sehat,” ungkap Mahfud.

Lebih lanjut kata dia, pasangan Ganjar-Mahfud akan selalu memberikan ruang lebar kepada wartawan untuk kukuh menampilkan kedewasaan berpikir serta menjaga dan menghormati independensinya.

“Seharusnya hal itu tidak saya saja, tapi negara harus hadir membantu sepenuhnya, bagaimana pers ideal dan penghargaan negara kepada wartawan. Ingat wartawan itu tidak saja pilar demokrasi tapi wartawan itu punya andil mempercepat kemerdekaan Indonesia dulu. Pers itu harus bagus,” tegas Mahfud MD, didampingi Ketua TPD sekaligus Ketua Hanura Sumbar Febby Dt Bangso dan Tokoh Kota Pariaman Genius Umar.

(*)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *