Wagub dan BKSDA Sumbar Resmikan Sistem Pendakian Booking Online Pertama di Indonesia

Sakato.co.id – Balai KSDA Sumbar meresmikan sistem pendakian online TWA Gunung Marapi dan pembukaan kembali (Reaktivasi) jalur pendakian Gunung Marapi, Senin (24/7/2023).

Acara yang digelar di Sumatera Barat Convention Hall Padang dihadiri langsung oleh Wakil Gubernur Sumbar, Audy Joinaldy yang akan secara resmi melaunching sistem pendakian booking online TWA Gunung Marapi.

Dalam sambutannya Wagub Sumbar ini menyampaikan ucapan terima kasih kepada Kepala Balai KSDA Sumatera Barat karena telah membuat inovasi baru di Sumatera Barat dan berharap bahwa pendakian sistem booking online yang merupakan booking online pertama Taman Wisata Alam di Indonesia dapat mendatangkan lebih banyak wisatawan ke daerah Sumatera Barat.

“Sistem booking online ini didukung penuh oleh pemda dan wali nagari setempat dimana sistem pendakian ini dapat dilakukan melalui tiga pintu yaitu Batu Palano yang terletak di Kabupaten Agam serta Koto Baru dan Aia Angek yang terletak di Kabupaten Tanah Datar,” ujarnya dalam keterangan pers yang diterima.

Kepala Balai KSDA Sumbar, Ardi Andono turut menyampaikan ucapan terima kasih kepada para pihak yang telah mendukung kegiatan sistem booking online ini.

“Dimana sistem ini bertujuan untuk mempermudah pendataan pengunjung, akuntabilitas pengelolaan pendakian dan mempermudah pengunjung melakukan pendaftaran sehingga akan meningkatkan jumlah wisatawan yang tentunya akan meningkatkan pendapatan bagi negara maupun masyarakat sekitar,” ujar Ardi.

Sebelum acara ditutup dilakukan penyerahan bantuan secara simbolis kepada dua kelompok penerima bantuan pengembangan ekonomi masyarakat yaitu kelompok Pengelola Pendakian Aia Angek dan kelompok Pengelola Pendakian Koto Baru.

Acara dihadiri oleh Wakil Gubernur, Bupati Agam beserta jajarannya, Bupati Tanah Datar yang diwakili Assisten II Bidang Ekonomi dan Pembangunan Kab. Tanah Datar beserta jajarannya, Direktur PT. Semen Padang, BASARNAS, BPPD, Camat Sungai Puar Kab. Agam, Camat Sepuluh Koto Kab. Tanah Datar, Wali Nagari Batu Palano, Koto Baru dan Aia Angek serta para penerima bantuan usaha ekonomi dari tiga kelompok masyarakat dari Pengelola Pendakian Aia Angek, Pengelola Pendakian Koto Baru dan Pengelola Pendakian Batu Palano secara offline dan Direktur PJLKK, bapak DR. Nandang Prihadi, S. Hut. M.Sc. secara online.

(*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *