Viral Harimau Terekam CCTV Berkeliaran di Saluran Bendungan Air Pasaman

Sakato.co.id – Sebuah video yang memperlihatkan seekor Harimau Sumatera (Panthera tigris sumaterae) berada di sekitaran saluran sebuah bendungan air beredar luas dan viral di media sosial, Sabtu (23/3/2024).

Dikutip dari akun @babesumbar diketahui kejadian tersebut terjadi di Nagari Kajai Selatan, Kecamatan Talamau, Pasaman Barat, Sumatera Barat.

“Seekor harimau terpantau CCTV berada di sekitar saluran PLTMH di Nagarai Kajai, Kecamatan Talamau Pasaman Barat pada Sabtu pagi sekitar pukul 05.13 WIB (23/03/2024). Harap hati-hati bagi warga yang berkebun di sekitar area tersebut,” tulis akun tersebut.

Selain itu video yang berdurasi 35 detik tersebut juga memperlihatkan seekor Harimau Sumatera berupaya keluar dari bendungan. Di sana, tampak harimau tersebut menyusuri sudut bendungan untuk berupaya naik keatas permukaan. Diakhir video harimau tersebut berhasil naik dan meninggalkan bendungan tersebut.

Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Sumbar melalui Pelaksana harian (Plh) BKSDA Provinsi Sumbar Dian Indriati mengungkapkan harimau tersebut saat ini masih berkeliaran disekitar pemukiman masyarakat. Namun BKSDA Sumbar katanya sudah menuju lokasi tersebut.

“Satwa sudah keluar dari saluran air. Namun masih berkeliaran disekitar pemukiman warga. Saat ini Tim WRU SKW I menuju lokasi tersebut,” katanya dalam keterangan tertulis kepada awak media.

Dalam penanganan Harimau Sumatera itu, BKSDA Sumbar kata Dian juga berkordinasi dengan dokter hewan.

“Tim juga melibatkan dokter hewan dalam penanganan (harimau),” tutupnya.

Sementara Humas PT Optima Tirta Energy (OTE) yang disinyalir kejadian tersebut berada di Bendungan Air Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro milik mereka, membenarkan kejadian harimau Sumatera tercebur di lokasinya. Kejadian itu menurutnya terjadi tadi pagi.

“Iyah, ada harimau yang tercebur di bendungan kami. Kejadian tadi pagi sekira pukul 05.13 WIB. Kami mengetahui usai dia terekam CCTV,” kata Dramendra saat dikonfirmasi wartawan.

Sementara apakah harimau tersebut terbawa arus air, Dramendra tidak mengetahui secara pasti. Namun pihaknya baru menyadari harimau tersebut sudah berada di lokasi bendungan itu.

“Kami tahu dia sudah di sana berdasarkan rekaman CCTV. Sementara dari mana masuknya dan bagaimana kronologis pastinya kami tidak mengetahui secara pasti. Namun usai sampai bendungan itu dia berupaya naik dan keluar dari lokasi itu,” ungkapnya.

Harimau itu selama ini belum pernah berada lokasi tersebut. Saat ini PT OTE bersama pihak terkait meminta masyakarat untuk tetap waspada terkait kemunculan harimau itu.

“Kami sudah berkordinasi dengan Polsek setempat, dan meminta masyarakat untuk waspada. Karena kemunculan harimau di lokasi itu baru pertama terjadi. Sehingga kewaspadaan masyarakat perlu ditingkatkan,” jelasnya.

(*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *