Sapi Milik Warga Diterkam Harimau di Pasaman

Sakato.co.id – Seekor sapi milik warga di Nagari Ladang Panjang, Kecamatan Tigo Nagari, Kabupaten Pasaman, dikabarkan tewas diterkam harimau.

Selain menerkam sapi milik warga harimau sumatera tersebut juga sempat terlihat dalam rekaman amatir warga dan menjadi viral di media sosial.

Plh. Kepala Balai KSDA Sumatera Barat, Antonius Vevri membenarkan perihal tersebut dan mengatakan telah ada laporan yang masuk ke pihak BKSDA.

“Iya, pada Selasa, 2 Januari 2024 pukul 13.58 WIB seorang warga melaporkan bahwa seekor ternak sapi telah diterkam satwa yang diduga HS di Nagari Ladang Panjang,” ujarnya Rabu (3/1/2024).

Lebih lanjut dia memerintahkan Kepala SKW I segera menurunkan Tim WRU untuk melakukan verifikasi di TKP.

“Tim berkoordinasi dengan Wali Nagari Ladang Panjang, Kapolsek Tigo Nagari dan Ketua Pemuda setempat terkait adanya gangguan satwa yang diduga HS,” terangnya.

Setelah Tim turun dilaporkan memang benar telah terjadi serangan satwa liar harimau sumatera terhadap 1 ekor ternak sapi milik warga setempat.

“Lokasi berada dalam Kawasan Hutan Lindung yang sudah ditanami sawit. Beberapa warga mengakui sempat menyaksikan langsung kemunculan satwa dan mendokumentasikannya dengan hp,” terangnya.

Setelah itu dia mengatakan tim melakukan edukasi kepada warga yang berkumpul dan dengan bantuan Kapolsek Tigo Nagari meminta warga segera meninggalkan lokasi kejadian serta kembali ke pemukiman dengan alasan keamanan.

Sampai malam ini Tim WRU masih melakukan penghalauan dengan menggunakan bunyi-bunyian untuk mengantisipasi kembalinya HS ke ladang sawit.

“Mengingat kejadian kemunculan satwa yang sudah berulang-ulang maka kemungkinan Tim akan melakukan upaya evakuasi dengan menggunakan kandang jebak,” imbuhnya

(*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *