Kesiapan Operasi Mantap Brata Singgalang, Polda Sumbar Simulasikan Sispamkota Pengamanan Pemilu 2024

Sakato.co.id – Dalam rangka kesiapan Operasi Mantap Brata Singgalang 2023-2024, Polda Sumatera Barat menggelar Simulasi Sispamkota untuk pengamanan Pemilu tahun 2024 di wilayah hukum Polda Sumbar.

Simulasi Sispamkota ini dibuka oleh Kapolda Sumbar Irjen Pol Suharyono, S.Ik. SH, di Landasan Udara (Lanud) Sutan Syahrir, Padang, Kamis (12/10/2023).

Pada simulasi ini, terlihat bagaimana Polda Sumbar bersama instansi terkait yang telah siap untuk memberikan pengamanan Pemilu 2024, yang diawali dengan patroli skala besar melibatkan Polri, TNI, Satpol PP, Basarnas, Damkar, Dinas Kesehatan, Dinas Perhubungan.

Kemudian terlihat juga, bagaimana kesiapan personel dalam memberikan pengamanan kepada Calon Presiden yang melaksanakan kampanye di Sumbar. Baik dalam keadaan aman maupun di simulasikan saat terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Selanjutnya, terlihat simulasi penanganan pasca pemungutan hasil sidang pleno KPU, serta penanganan aksi unjuk rasa.

Kapolda Sumbar Irjen Pol Suharyono menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada seluruh personel yang terlibat simulasi sispamkota. “Kita harus mengasah kemampuan dengan terus latihan-latihan,” ujarnya.

Dihadapan tamu undangan, Irjen Pol Suharyono mengatakan bahwa simulasi sispamkota ini merupakan bentuk latihan kesiapan polri dalam pelaksanaan Pemilu.

“Walaupun ini simulasi seperti terjadi sebenarnya, namun yang kita harapkan tidak terjadi seperti ini di Sumatera Barat,” kata dia.

Dalam simulasi Sispamkota ini, dihadiri oleh perwakilan Forkopimda Sumbar, KPU Sumbar, Bawaslu Sumbar, Wakapolda Sumbar Brigjen Pol Edi Mardianto, serta Pejabat Utama Polda Sumbar.

(*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *