Leonardy Bawa Dua Kabar Gembira untuk Warga Jorong Koto Tinggi Palembayan

Sakato.co.od – Anggota DPD RI Leonardy Harmainy Dt. Bandaro Basa mendukung upaya peningkatan sumber daya manusia di Jorong Koto Tinggi, Nagari Ampek Koto Palembayan, Kecamatan Palembayan, Kabupaten Agam. Jarak yang cukup jauh dan jalan sempit berliku tidak menyurutkan tekad Senator asal Sumbar itu untuk mewujudkan kepeduliannya dan hadir di tengah-tengah masyarakat jorong tersebut, Sabtu, 16 Desember 2023.

“Terima kasih atas undangan yang diberikan generasi muda Jorong Koto Tinggi, sebagai Anggota DPD RI untuk membuka Turnament Volleyball. Saya harapkan turnamen ini berjalan lancar karena sudah ada tanda-tanda, hari ini tidak hujan,” ungkap Leonardy.

Anggota Komite IV itu menegaskan kegiatan generasi muda, apalagi kegiatan olahraga perlu didukung. Ini ajang melatih fisik dan keterampilan mereka dalam bidang olahraga. Memberikan kesempatan kepada mereka menggunakan energi berlebihnya untuk kegiatan yang bermanfaat.

“Maka ketika panitia menghubungi, saya langsung menyanggupi memberikan dukungan untuk turnamen volleyball ini. Apalagi di Puskesmas Palembayan ada anak uda saya yang dulu pernah jadi wakil bupati Agam dan menantunya kini jadi Anggota DPRD Kabupaten Agam, DR. Yopi Eka Anroni, S.E., M.E,” ungkap pria yang akrab dipanggil Bang Leo itu.

Ditegaskan, oleh Leonardy, karena Yopi juga peduli dengan peningkatan sumberdaya manusia di Palembayan ini, maka ada dua pekerjaan yang perlu kita laksanakan bersama-sama. Pertama, kepada Walikorong Koto Tinggi, Mulyani diharapkan untuk segera mendirikan rumah/surau/mushalla/masjid Tahfiz. Segerakan saja, tidak usah menunggu ada rumah/surau/mushalla/masjid tahfiznya. Ambil gurunya sarjana ilmu Qur’an. Satu guru mengajar 10 calon hafiz. Guru ini di honor Rp. 1.000.000 sebulan.

Dijelaskannya, di rumah/surau/mushalla/masjid tahfiz itu nantinya para calon hafiz tugasnya hanya dua, yakni membetulkan bacaan dan menghafal Alquran. Mereka belajar 2 jam sehari selama 3 kali seminggu. Atau 12 kali sebulan.

“Alquran dan honornya dari saya,ananda Yopi tidak boleh ikut, karena ini ladang amal,” tegasnya.

Kedua, tamatan SMA tahun 2022 yang nilainya bagus tapi belum bisa melanjutkan pendidikan hingga sekarang karena ketiadaan biaya. “Akan saya kuliahkan, hanya untuk satu orang saja. Silakan Walikorong menentukan siapa anak kita tersebut, sehingga 4-5 tahun lagi bertambah satu orang sarjana yang turut memajukan jorong ini,” ungkapnya.

Leonardy yang kini mencalon sebagai anggota DPD RI itu berharap, agar rencana yang disampaikannya bisa segera direalisasikan. Walikorong diharapkan peran aktifnya dalam menyukseskan rencana kerja dengan dukungan nagari, Ketua Adat penghulu nan 14, Nasri Dt. Kayo, alim ulama, cadiak pandai, bundo kanduang di Jorong Koto Tinggi. Dan tentu saja anggota DPRD Agam, Yopi Eka Anroni diharapkan dapat menduplikasi di Palembayan khususnya dan Agam umumnya.

Anggota DPRD Agam, Dr. Yopi Eka Anroni, menyatakan kegembiraannya atas kehadiran Senator Leonardy. Dia juga berterima kasih sekali dengan dukungan Leonardy atas upaya peningkatan sumber daya manusia.
“Kita berharap Pemerintah Nagari, Walijorong, tokoh masyarakat, alim ulama, cadiak pandai dan umumnya warga Jorong Koto Tinggi dapat memanfaatkannya dengan sebaik mungkin,” ujarnya.

Walinagari Ampek Koto Palembayan yang diwakili Kasi Pem, Gusmanedi mengatakan rencana yang disampaikan oleh Senator Leonardy merupakan sesuatu yang sangat kebetulan sekali. “Rencana yang disampaikan Mamanda Leonardy merupakan suatu kebetulan karena di jorong ini memang telah diharapkan adanya rumah/surau/mushalla/masjid Tahfiz ini. Karena selama ini, anak-anak di jorong ini belajar Tahfiz menumpang ke masjid di Jorong Bamban,” ungkap Gusmanedi.

Baik Gusmanedi, Walijorong Mulyani, dan Ketua Adat Nasri Dt. Kayo mengucapkan terima kasih atas kepedulian Anggota DPD RI Leonardy terhadap jorong mereka. Sebelumnya, pertandingan volly pun telah dibantu pelaksanaannya oleh Leonardy. (

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *