Kanwil Kemenag Sumbar Canangkan Tujuh Program Prioritas

Sakato.co.id – Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kanwil Kemenag) Provinsi Sumatra Barat (Sumbar), mencanangkan tujuh program Prioritas yang akan dilaksanakan.

Dimana ketujuh program tersebut adalah penguatan moderasi beragama, transformasi digital, revitalisasi Kantor Urusan Agama (KUA), Kemandirian Pesantren, Cyber Islamic University, Religiosity Index, dan Tahun Kerukunan Umat Beragama.

“Ada tujuh program prioritas yang telah dilahirkan oleh Menteri Agam agar bisa dilaksanakan diseluruh wilayah termasuk di Sumbar, kita berkomitmen agar tujuh program ini bisa terlaksana,” kata Kepala Kanwil Kemenag Sumbar Dr. H. Mahyudin, MA, beberapa hari yang lalu.

Mahyudin menjelaskan, untuk penguatan moderasi beragama, karena strategisnya program ini maka program ini tidak saja dilakukan oleh Kemenag tapi juga diwujudkan oleh kementerian lain.

“Moderasi beragama bertujuan agar masyarakat kita dapat melaksanakan agama secara lurus, tidak ekstrem kanan ataupun ekstrem kiri,” ujarnya.

Hal ini bertujuan agar, masyarakat dapat melaksanakan agama secara lurus, tidak ekstrem kanan atau pun ekstrem kiri.

Selain itu, terkait dengan kerukunan umat beragama, Ka Kanwil Kemenag Sumbar, melihat bahwa di Sumbar kerukunan antara umat beragama masih terjaga dengan baik.

Orang nomor satu di Kanwil Kemenag Provinsi Sumbar ini menyebutkan, khusus untuk di KUA harus memberikan pelayanan yang terbaik bagi masyarakat.

“Kepada KUA agar harus melayani kepada masyarakat terkait dengan haji,” kata dia.

Sementara itu, ketua tim humas Kanwil Kemenag Provinsi Sumbar, Rizki Ronaldi menuturkan, kegiatan bersama dengan awak media bertujuan memperkuat kolaborasi koordinasi dan sinergitas antara Kanwil Kemenag dengan media baik cetak, online maupun elektronik.

“Semoga silaturahmi ini terus terjaga. Berharap media ikut menyuarakan tujuh program prioritas untuk disampaikan kepada masyarakat,” ujarnya.

Sebelumnya, Kanwil Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Sumatra Barat (Sumbar) menggelar Media Ghatering bersama puluhan media elektronik, online dan cetak Mifan Water Park dan Resort Kota Padang Panjang, Selasa (5/12/2023).

Menurut Mahyuddin, Media Gathering ini sebagai bentuk menyatukan persepsi terkait dengan program-program yang ada di Kementerian Agama.

(*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *