Hadir di Pasaman Barat, PLTM Tongar Berikan Sumber Daya Listrik Bersih dan Handal untuk Masyarakat

Sakato.co.id – Pembangkit Listrik Tenaga Minihidro (PLTM) Tongar yang berada di Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat (Sumbar) diresmikan, Senin (18/12/2023). PLTM Tongar ini dimiliki dan dikembangkan oleh PT Optima Tirta Energy.

PLTM Tongar dapat dibangun dan beroperasi atas komitmen dari dua negara yaitu Jepang dan Indonesia yang dalam hal ini diwakili oleh NIX GROUP dan PT. NKE.

Direktur Utama PT Optima Tirta Energy, Djohan Halim, mengatakan PLTM Tongar memiliki kapasitas 2×3 megawatt dan menggunakan teknologi terkini untuk menghasilkan listrik dari sumber energi air.

“Infrastruktur ini tidak hanya
memberikan akses energi yang stabil, tetapi juga mengurangi jejak karbon secara signifikan,” kata Djohan Halim, Senin (18/12/2023).

Ia menambahkan, proyek ini menandakan langkah besar PT Optima Tirta Energy dalam mendukung keberlanjutan energi terbarukan.

“Dan menyediakan sumber daya listrik yang bersih dan andal bagi masyarakat Pasaman Barat,” ujarnya.

Djohan Halim menyebutkan, PLTM Tongar diharapkan tidak hanya memberikan pasokan energi yang stabil.

“Tetapi juga berkontribusi pada pengurangan emisi gas rumah kaca dan memperkuat infrastruktur energi terbarukan di wilayah Sumatera Barat,” kata dia.

Pada peresmian PLT Tongar tersebut, juga dihadiri Takuya Nomoto, Embassy of Japan in Indonesia First Secretary / Environment Attache Coordinator dan Ichimori Tomoaki President and CEO NIX Group.

(*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *