Dengan E Akreditasi, Perkuat Penataan Organisasi GP Ansor di Sumbar

Sakato.co.id – Gerakan Pemuda (GP) Ansor Provinsi Sumatera Barat menggelar Rapat Koordinasi Wilayah (Rakorwil) dan Konsolidasi Kader dalam penataan organisasi melalui pelaksanaan E Akreditasi yang diikuti Pimpinan Cabang Gerakan Pemuda Ansor se-Sumatera Barat di Hotel Santika Padang pada Kamis (10/8/2023).

Acara tersebut diikuti unsur pimpinan wilayah, para ketua, sekretaris, wakil ketua, admin KTA pimpinan cabang, dan beberapa unsur pimpinan cabang serta satuan koordinasi Barisan Ansor Serbaguna (Banser) Sumatera Barat.

Ketua PW GP Ansor Sumatera Barat Dr. H. Rahmat TK. Sulaiman, MM menjelaskan, Rakorwil ini merupakan perwujudan dan tindak lanjut dari kegiatan Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) yang diikuti Ketua GP Ansor Sumatera Barat.

Ia mengatakan kegiatan ini merupakan merapatkan dan menguatkan barisan dalam mensukseskan persiapan E-akreditasi GP Ansor dalam dunia digital yang serba canggih.

“Saya secara pribadi menyakinkan konsolidasi hari ini akan memperkuat gerakan dan merapikan barisan kader GP Ansor terutama dalam administrasi yang bertujuan melatih kedisiplinan dalam administrasi semua agenda dan program kerja organisasi. ibarat barisan, organisasi harus rapi dan tertib,” jelasnya.

Sejatinya, Akreditasi bukanlah sebuah tujuan dan nilai, itu hanyalah angka namun yang terpenting disiplin serta tertib administrasi.

Tim Akreditasi Pimpinan Pusat GP Ansor Timbul Pasaribu menyebutkan output dari visitasi akreditasi, akan mudah diketahui potensi kekuatan GP Ansor se-Sumbar dengan tertib administrasi, diharapkan keberlangsungan program pengurus lama dengan pengurus baru di setiap tingkatkan.

“Sahabat Pimpinan Cabang, saya menyakinkan bahwa E-Akreditasi sejalan dengan membenahi sistem manajemen, upaya batin juga terus dilakukan agar ruh dan marwah organisasi GP Ansor tetap terjaga dan tujuan setelah adanya visitasi akreditasi, pengurus baru agar tidak salah menjalankan organisasi,” paparnya yang juga Wasekjend PP GP Ansor.

Tim Desk E Akreditasi Mas Ibnu menjelaskan tentang bagaimana pengelolaan E-Akreditasi dengan big database kader, melalui mekanisme E Akreditasi baik secara submit dalam penginputan pengisian Kartu Tanda Anggota (KTA) online.

”Pada dasarnya setiap PC Ansor sudah bagus, tetapi masih ada beberapa yang masih lemah terkait administrasi dan mengharapkan PC GP Ansor se-Sumbar bisa meningkatkan budaya dokumentasi dan pelaporan semua kegiatan. Selain itu, kepengurusan Ansor di setiap tingkatan supaya mampu meningkatkan komunitas IT karena perkembangan zaman dan perilaku manusia tidak bisa lepas dari dunia digital,” pungkasnya.

(*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *