Wapres ungkap WIES Langkah Indonesia Sebagai Pusat Ekonomi Syariah Dunia

 

Sakato.co.id – World Islamic Entrepreneur Summit (WIES) 2023 diungkap Wakil Presiden (Wapres) RI Ma’ruf Amin dapat menjadi salah satu langkah yang mempertegas langkah Indonesia sebagai pusat ekonomi syariah.

Hal ini dikatakan oleh Wapres saat menjadi pembicara di acara tersebut, Jumat (8/9/2023).

“Kita ingin menjadikan Indonesia sebagai pusat pengembangan ekonomi islam atau ekonomi dan keuangan syariah di dunia,” kata Wapres RI Ma’ruf Amin di Padang, Jumat.

Melalui agenda WIES, Wapres menilai respons negara-negara peserta sangat baik. Hal itu juga dilatarbelakangi potensi besar yang dimiliki Indonesia sehingga menyakinkan delegasi yang hadir tertarik menjadikan Indonesia sebagai pusat pengembangan ekonomi syariah.

Pada kesempatan itu, eks Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) pusat tersebut mengatakan pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) sangat potensial untuk digerakkan sebagai bagian dari upaya pembangunan perekonomian yang inklusif, adil, dan berkelanjutan.

“Apalagi, jumlahnya yang dominan dan sebarannya yang luas,” kata Wapres.

Pemerintah secara serius terus mengembangkan ekosistem kewirausahaan di Indonesia antara lain melalui regulasi yang mengatur tentang pengembangan kewirausahaan nasional.

Dukungan yang disediakan pemerintah mencakup insentif dan penyediaan infrastruktur, penyiapan sumber daya manusia, sumber pembiayaan, kemudahan akses pasar, hingga penyediaan pendidikan dan pelatihan.

“Arahnya adalah menciptakan wirausaha baru kemudian mendorong mereka untuk naik kelas menjadi wirausaha yang mapan dan sanggup menjadi mentor bagi wirausaha lainnya,” jelasnya.

Kemudian model bisnis tematik kewirausahaan dikembangkan melalui skema wirausaha pemuda, wirausaha perempuan, wirausaha sosial, wirausaha desa dan wirausaha teknologi. Ikhtiar Indonesia dalam mewujudkan kemajuan dan pembangunan ekonomi yang lebih baik juga dilakukan melalui pengembangan ekonomi dan keuangan syariah sebagai arus baru yang menjanjikan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *