TNI AD Gelar Apel Kesiagaan Kesiapan Pengamanan Pemilu, Kasad: Pentingnya Kesiapan Jajaran TNI AD Dalam Pengamanan Pemilu 2024

Sakato.co.id – Komandan Komando Resor Militer 032/Wirabraja (Danrem 032/Wbr), Brigjen TNI Rayen Obersyl, mengikuti Apel Gelar Kesiapan Pengamanan Pemilu tahun 2024 TNI AD yang tersebar diseluruh jajaran TNI AD secara Vicon dengan Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad), Jenderal TNI Agus Subiyanto, S.E., M.Si., di lapangan Ruang Terbuka Hijau (RTH) Imam Bonjol Padang, Rabu pagi (08/11/2023).

Kasad mengatakan, untuk mengutamakan sangat pentingnya kesiapan seluruh jajaran TNI AD dalam mengamankan Pemilu 2024 yang akan datang.

“Situasi apapun harus dihadapi dengan kesiapan maksimal dalam rangka memastikan kelancaran dan keamanan proses pesta demokrasi tersebar tersebut,” katanya.

Apel yang bertujuan untuk, menyatukan persepsi TNI-Polri khususnya seluruh personel TNI AD menjelang pemilihan umum 2024. Kepentingan netralitas TNI dalam pemilu 2024 ditekankan sebagai prioritas utama.

Selain itu, memfokuskan pada aspek personel, apel ini juga melibatkan pengecekan kesiapan materil dan alat perlengkapan yang akan digunakan dalam pengamanan pemilu 2024.

“Semua persiapan ini menjadi landasan kuat bagi TNI AD, untuk menjalankan tugas pengamanan Pemilu dengan efektif dan profesional,”ujarnya.

Kasad meyakinkan bahwa TNI AD akan, terus bekerja sama dan berkomitmen dengan pihak terkait guna memastikan Pemilu 2024 berjalan aman, damai, serta demokratis sesuai dengan prinsip-prinsip yang telah ditetapkan.

Sementara saat ditanyai wartawan Danrem 032/Wirabraja menyampaikan tentang, kegiatan apel gelar pasukan ini adalah dalam rangka kesiapan pengamanan pemilu 2024.

Hal ini sebagai bentuk pengecekan kesiapan satuan di wilayah Provinsi Sumatera Barat, dan untuk mengetahui sejauh mana kesiapan Prajurit, Alutsista, maupun segenap unsur pendukungnya, sehingga sewaktu-waktu dapat digerakkan dan mampu bereaksi dengan sigap dan cepat sesuai permintaan dalam Pengamanan Pemilu 2024.

Terkait jumlah prajurit yang terlibat dalam pengamanan pemilu 2024,untuk wilayah Provinsi Sumatra Barat, melibatkan TNI-Polri dan unsur terkait sebanyak kurang lebih 13.000 Personel. Namun apabila terdapat perkembangan situasi maka jumlah tersebut akan fleksibel tergantung dari kebutuhan di lapangan.

Brigjen TNI Rayen Obersyl juga berpesan, kepada .asyarakat Sumatra Barat dalam pelaksanaan pemilu serentak nantinya agar menjaga dan berkomitmen untuk mewujudkan pemilu yang damai diwilayah Sumatera Barat.

“Perbedaan pilihan itu biasa, tidaklah sulit bagi Tuhan untuk membuat kita sama tapi Tuhan menciptakan kita berbeda-beda tentu untuk saling melengkapi, bukankah pelangi itu indah karena berwarna, mari kita wujudkan pemilu damai,”ucap Danrem

Dalam pelaksanaan apel tersebut dilanjutkan acara penandatanganan deklarasi pemilu damai oleh forkopimda, tokoh agama dan tokoh masyarakat serta dilanjutkan dengan demonstrasi antisipasi pengamanan aksi demo dari Polri dan TNI.

Hadir dalam apel tersebut, Gubernur Sumatra Barat, Wali Kota Padang Wadan Lantamal II, Karops Polda Sumbar, Kapolresta Padang, Kasrem, Para Kasi Kasrem 032/Wbr, Para Komandan Satuan dan Balak Aju, serta Prajurit TNI-AD, TNI AL dan TNI-AU serta dari unsur Polri.

(*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *