Tingkatkan Capaian Hafalan Quran para Siswa, Yayasan Waqaf Ar Risalah Bangun Camp Tahfidz

Sakato.co.id – Berdiri di lahan empat hektare lebih, Yayasan Waqaf Ar Risalah (YWAR) resmi memulai pembangunan Camp Tahfidz Ar Risalah di Kelurahan Balai Gadang, Kecamatan Koto Tangah, Kota Padang.

Pembangunan Camp Tahfidz tersebut ditandai dengan peletakan batu pertama yang dihadiri langsung oleh Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI perwakilan Sumbar, Buya H. Muslim Muhammad Yatim, Minggu (3/3/2024).

Hadir juga pada kesempatan itu, Ketua Majelis Syura Ar Risalah Ustaz H. Irsyad Syafar, Ketua Yayasan Mulyadi Muslim, tokoh masyarakat, Lurah serta perwakilan forum komunikasi pimpinan anak nagari setempat, serta para undangan lainnya.

Ketua Majelis Syura Ar Risalah, Ustaz Irsyad Safar mengatakan, pembangunan Camp Tahfiz ini berdiri di tanah wakaf yang diserahkan pihak keluarga almarhum bapak Sulaiman kepada YWAR kurang lebih enam tahun lalu. Sekarang, pembangunan tempat para penghafal Alquran tersebut resmi dimulai.

“Alhamdulillah setelah enam tahun lahan ini kami terima, Insya Allah akan dimulai pembangunan Camp Tahfidz ini, tak lupa kita ucapkan terima kasih atas dukungan semua pihak atas pembangunan Camp Tahfidz Ar Risalah,” ujarnya.

Lebih lanjut Ustaz Irsyad Safar mengatakan, di lahan Camp Tahfidz ini akan dibangun terdiri atas Masjid, Asrama tempat tinggal para penghafal Alquran, dan sebagainya. Untuk tahap awal, pihaknya telah mengalokasikan anggaran sekitar Rp1 miliar untuk memulai pembangunan.

“Insya Allah setelah peletakan batu pertama ini akan dilanjutkan dengan pembangunannya. Kita mohon dukungan dan doa masyarakat, semoga impian kita bersama bisa jadi kenyataan,” ungkapnya.

Lebih lanjut ia mengungkapkan, tujuan didirikannya Camp Tahfizh Alquran ini adalah bentuk dukungan Perguruan Islam Ar Risalah untuk menunjang anak-anak menghafal Alquran sejak dini.

Sebagi informasi, YWAR yang menaungi Perguruan Islam Ar Risalah (PIAR) tiap tahunnya melahirkan para hafiz Quran. Ia berharap, dengan adanya camp tahfiz ini, capaian hafalan Quran para siswa PIAR bisa meningkat, baik secara kualitas dan kuantitas.

“Nantinya, secara bergilir, siswa dan siswi Ar Risalah akan di-camp-kan di sini sehingga mereka bisa mengalami peningkatan dalam menghafal Alquran,” ucapnya.

Lebih lanjut, ia menerangkan bahwa keberadaan camp tahfidz ini juga penting dalam rangka percepatan penghafalan Alquran oleh masyarakat sekitar, dan tempat interaksi para remaja dan pemuda dengan Alquran.

“Alquran adalah pondasi terkuat untuk menghadirkan perubahan ke arah kebaikan sebuah masyarakat. Kita punya keyakinan jika generasi muda sedini mungkin menghafal dan berinteraksi dengan Alquran, insya Allah masa depan bangsa ini akan baik,” ungkap Ustaz Irsyad.

Selain siswa Perguruan Islam Ar Risalah (PIAR), tambah Ustaz Irsyad, Camp Tahfidz ini rencananya juga diperuntukkan bagi masyarakat umum yang ingin menghafal Alquran.

“Mudah-mudahan ini bisa terealisasi, dan pahalanya bisa mengalir kepada pihak keluarga almarhum (Bapak Sulaiman) yang telah menyediakan tanah wakaf,” pungkasnya.

Sementara itu, Ketua panitia pembangunan, Mulyadi Muslim pada kesempatan itu menyampaikan, peletakan Camp Tahfizh bertepatan 20 tahun berdirinya Perguruan Islam Ar Risalah.

“Hari ini, bertepatan dengan hari berdirinya Perguruan Islam Ar Risalah, Alhamdulillah kita akan melaksanakan peletakan batu pertama untuk Camp Tahfizh Alquran,” katanya.

Menurutnya, berdirinya Camp Tahfizh Alquran ini tak terlepas dukungan dari semua pihak, baik pengurus maupun tokoh adat dan tokoh masyarakat Kecamatan Koto Tangah.

“Selain itu, ini (Camp Tahfizh Alquran) terealisasi dan berharap pahalanya tetap mengalir kepada orang yang mewakafkan yakni beliau almarhum H Sulaiman,” kata Mulyadi.

Di kesempatan yang sama Anggota DPD RI, H Muslim M Yatim sangat mendukung penuh berdirinya Camp Tahfizh Alquran yang diinisiasi oleh Perguruan Islam Ar Risalah ini.

“Kami menumpang bangga dengan berdirinya Camp Tahfizh Alquran ini. Niat tulus menciptakan penghafal Alquran, tidak ada ke alfa an Allah untuk memberikan jalan,” ungkapnya.

Ia menambahkan pihaknya pun siap mensuport jika terkendala dalam pembangunannya, silakan hubungi DPD nantinya.

“Kami siap membantu, dan membawa aspirasi Ar Risalah ke teman-teman yang di DPD, jika tidak ada bentuk suport dana dari APBN, nanti bisa juga dari dana pribadi kita masing-masing anggota DPD RI untuk mendukung pembangunan Camp Tahfidz ini,” pungkasnya.

(*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *