Sumbar CreatiFest 2023: Pameran Ekonomi Kreatif, Pariwisata dan Investasi Kembali Digelar

Sakato.co.id – Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Sumatera Barat (Sumbar) bersama Pemerintahan Provinsi (Pemprov) Sumbar, kembali menggelar “Sumbar CreatiFest 2023”, atau festival Ekonomi Kreatif, Pariwisata dan Investasi.

Kepala Perwakilan BI Sumbar, Endang Kurnia Saputra mengatakan, iven ini pada tahun lalu bertajuk Minang Creft diubah tahun pada tahun 2023 menjadi Sumbar CreatiFest agar lebih inklusif bagi seluruh elemen masyarakat Sumbar.

“Jadi kegiatan ini juga merupakan bentuk dukungan lebih lanjut kepada Pemerintah Provinsi Sumatera Barat dalam mengembangkan pariwisata dan ekonomi kreatif di wilayah Sumbar sesuai program VBWS (Visit Beautiful West Sumatera),” ungkap Endang.

Ia menjelaskan kegiatan ini akan dilangsungkan di kawasan GOR H. Agus Salim, Kota Padang dan akan diselenggarakan mulai tanggal 1 – 3 Desember 2023.

“Kegiatan Sumbar CreatiFest 2023 ini juga telah tercatat dalam calendar of event Bank Indonesia tahun 2023, sehingga akan dihadiri oleh salah satu Anggota Dewan Gubernur (ADG) Bank Indonesia,” bebernya.

Lebih lanjut Endang menjelaskan, pada kegiatan Sumbar CreatiFest tahun 2023 ini akan menghadirkan sejumlah kegiatan seperti Pameran/ekspo yang mencakup promosi produk-produk UMKM kreatif di Sumbar.

Kemudian pengembangan kapabilitas, seperti kegiatan gelar wicara (talk show) terkait ekonomi kreatif dan pariwisata, kegiatan bedah buku.

“Dan kegiatan hiburan, berupa pagelaran musik, tari-tarian, lomba-lomba kreatif (creative contes?, dan kegiatan lainnya untuk menarik minat pengunjung serta sebagai apresiasi kepada seluruh elemen stakeholders di wilayah Sumbar,” jelasnya.

Kemudian lanjut Endang, iven Sumbar CreatiFest 2023 ini bertujuan untuk mendorong pengembangan UMKM dan industri kreatif di Sumatera Barat agar berdaya saing sehingga mampu menciptakan multiplier effect bagi perekonomian, salah satunya mendukung pariwisata.

“Sebelum dilaksanakan iven ini, sebelumnya akan ada kegiatan pre-iven yang merupakan kegiatan terpisah sebagai upaya untuk menguatkan dan meluaskan gaung kegiatan utama Sumbar CreatiFest,” kata dia.

“Dan kita berharap kegiatan ini dapat menjadi titik tolak upaya bersama Bank Indonesia dan Pemprov Sumbar dalam mengakselerasi pengembangan UMKM dan sektor Industri dan ekonomi kreatif untuk mendukung kebangkitan pariwisata Sumatera Barat,” pungkasnya.

(*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *