Petugas Damkar Padang Evakuasi Ular Piton 3 Meter dari Kandang Ayam

Sakato.co.id – Petugas Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kota Padang berhasil mengevakuasi seekor ular piton sepanjang 3 meter dari kandang ayam milik warga di Kelurahan Jati, Kecamatan Padang Timur, Kamis (21/12/2023).

Kabidops Damkar Padang, Sutan Hendra menjelaskan, peristiwa tersebut terjadi sekitar pukul 08.08 WIB. Saat itu, pemilik kandang ayam, Asmurni (79), sedang membersihkan kandang ayamnya. Tiba-tiba, ia melihat seekor ular piton berukuran besar sedang meringkuk di dalam kandang.

“Asmurni yang ketakutan langsung melaporkan kejadian tersebut ke Damkar Padang. Mendapat laporan tersebut, petugas kita langsung menuju ke lokasi kejadian,” ungkap Sutan.

Petugas Damkar yang tiba di lokasi langsung melakukan evakuasi terhadap ular piton tersebut. Dengan menggunakan peralatan khusus, petugas Damkar berhasil mengevakuasi ular piton itu dengan selamat.

“Ular piton tersebut berhasil dievakuasi dengan selamat. Ular tersebut kemudian diserahkan ke komunitas pencinta reptil untuk dilepasliarkan kembali ke habitatnya,” kata Kabidops Damkar Padang, Sutan Hendra.

Sutan Hendra mengimbau kepada masyarakat agar selalu berhati-hati jika menemukan ular di sekitar rumah. Jika menemukan ular, masyarakat dapat menghubungi Damkar untuk meminta bantuan evakuasi.

(*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *