Miliki Kapasitas 600 Jamaah, Masjid Raya AsySyura DPRD Sumbar Diresmikan

Sakato.co.id – Wakil Gubernur Sumbar, Audy Joinaldy, bersama Ketua DPRD, Supardi meresmikan Masjid Raya Asy Syura DPRD Provinsi Sumatra Barat dengan menggunting pita. Masjid tersebut memiliki kapasitas 600 jamaah dengan anggaran APBD sebesar Rp21 miliar.

“Semoga masjid ini menjadi tempat beribadah yang senantiasa beroperasi, membawa keberkahan untuk semua,” ungkap Wagub, Senin (4/3/2024).

Sementara itu, Supardi menyampaikan motivasi agar masjid tidak hanya menjadi sarana ibadah, tetapi juga tempat berdiskusi dan rapat dengan fasilitas perpustakaan, baik manual maupun digital.

Hal tersebut bisa kita refleksikan melalui tokoh Tan Malaka dan Buya Hamka, yang menghasilkan karya hebat di masa lampau dengan keterbatasan.

Terkait masjid Asy Syura DPRD Sumbar, Supardi berharap lahir literasi-literasi hebat melalui fasilitas yang ada.

Sekwan Raflis juga menjelaskan bahwa masjid ini dibangun untuk memperkuat dan memperkokoh keagamaan di lingkungan DPRD Sumbar, dianggarkan oleh APBD 2021, dikerjakan selama 395 hari.

“Masjid memiliki tiga lantai dengan ruang rapat, koperasi, perpustakaan, ruang salat, dan kapasitas total sekitar 600-an orang,” jelasnya.

Masjid dilengkapi dengan sistem otomatis, hemat energi, penangkal petir elektrostatik, serta kecanggihan lainnya. Raflis menyebut kerjasama dengan pustaka nasional untuk perpustakaan masjid.

(*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *