Kapolda Irjen Pol Suharyono Pastikan Perayaan Natal Aman dan Lancar di Sumbar

Sakato.co.id – Untuk memastikan keamanan dan kelancaran saat malam misa Natal, Kapolda Sumbar Irjen Pol Suharyono, S.Ik. SH meninjau sejumlah Gereja dan Pos Pengamanan yang berada di Kota Padang, Minggu malam (24/12/2023).

Dalam peninjauan tersebut, awalnya Kapolda bersama Gubernur Sumbar Mahyeldi Ansharullah dan Forkopimda Sumbar bersama-sama mengunjungi Gereja ST. Fransiskus dengan menggunakan bus dari Polda Sumbar.

Selanjutnya, menuju Gereja GPIB depan kantor BRI, kemudian menuju Pos Pam Simpang Karya, serta menuju Gereja Katederal dan Pos Pam yang berada di depan gereja tersebut.

Usai melaksanakan peninjauan, Irjen Pol Suharyono memastikan bahwa pelaksanaan malam misa Natal di wilayah hukum Polda Sumbar berjalan dalam keadaan aman dan lancar.

“Hasil pemantauan perayaan Natal yang kita lihat di tempat peribadatan pada malam hari ini bersama Forkopimda merasa bahagia, dan menyatakan situasi dan kondisi dalam keadaan aman,” katanya.

Dengan memberikan rasa aman tersebut kata Kapolda, membuktikan bahwa negara hadir di tengah masyarakat dalam bentuk kegiatan apapun.

Dirinya juga telah mengecek para Kapolres di jajarannya, untuk memantau situasi terkini terkait pengamanan saat malam natal.

“Kami juga sudah konfirmasi dan juga unsur Forkopimda tingkat 2 Kabupaten Kota yang juga melaksanakan kegiatan yang sama pada malam ini, semuanya aman dan kondusif,” ujarnya.

Lanjut Kapolda menerangkan, bahwa besok merupakan puncak perayaan Natal. Untuk itu, pihaknya akan terus siaga, memonitor dan memberikan pengamanan optimal dari pagi hari.

“Ini rangkaiannya sampai tahun baru, seperti tahun lalu. Maka dari itu kami meminta kepada seluruh lapisan masyarakat Sumatera Barat untuk mampu menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat,” ujar Kapolda.

Terkait pengamanan tersebut, pihaknya telah melakukan rangkaian kegiatan pengamanan, mulai dari sekitar sebulan yang lalu hingga mendekati pelaksanaan malam natal.

“Sampai H-1 kita melaksanakan sterilisasi gereja, sterilisasi tempat-tempat ibadah umat nasrani. Sampai malam ini kita sudah lakukan ploting pengamanan terbuka maupun tertutup,” ungkapnya.

Selain Forkopimda Sumbar, turut hadir Wakapolda Sumbar Brigjen Pol Gupuh Setiyono, S.Ik. MH, dan Pejabat Utama Polda Sumbar.

(*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *