Sakato.co.id – Guna memberikan pengalaman terbaik dalam melakukan perjalanan udara bagi masyarakat, PT Angkasa Pura II, pengelola 20 bandara di Indonesia terus mengembangkan aplikasi Travelin. Aplikasi Travelin sendiri sudah bisa diunduh di iOS dan Android.
Executive General Manager Bandara Internasional Minangkabau Siswanto mengatakan aplikasi Travelin terus dilengkapi dengan berbagai fitur yang bermanfaat bagi pengguna.
“Aplikasi Travelin ini untuk mendukung penerapan digitalisasi pada aspek pelayanan di bandara-bandara AP II, termasuk Bandara Internasional Minangkabau. Melalui aplikasi Travelin, pelayanan berbasis digital di bandara-bandara dapat dirasakan langsung oleh pengguna,” ungkap EGM BIM Siswanto dalam keterangan tertulisnya yang diterima, Rabu (16/8/2023).
“Pengguna aplikasi Travelin bisa menemukan beragam fitur untuk mendapatkan informasi atau layanan supaya bisa lebih nyaman dan mudah dalam bepergian melalui Bandara Internasional Minangkabau,” imbuhnya.
Lebih lanjut ia mengatakan, pada aplikasi Travelin, di halaman beranda pengguna dapat memilih Bandara Internasional Minangkabau di kiri atas. Setelah itu, fitur informasi dan layanan kemudian mengikuti dengan apa yang ada di Bandara Internasional Minangkabau.
Lalu pengguna dapat memilih ingin mendapatkan informasi atau layanan pada Before You Fly (sebelum melakukan penerbangan) atau While You Are Here (saat berada di bandara).
Pada Before You Fly, pengguna bisa memilih fitur informasi dan layanan: E-check in, Transportation (transportasi publik), Shop & Dine, E-Commerce, Premium Services, e-Reading dan eSIM.
Pada fitur E-check in, pengguna dapat melakukan check in keberangkatan penerbangan melalui aplikasi Travelin. Pada fitur Shop & Dine, pengguna bisa mengetahui seluruh tenant yang ada di bandara. Kemudian pada fitur Premium Services, pengguna bisa mendapatkan layanan premium seperti misalnya layanan Concierge Express dan Car Rental di bandara.
Kemudian pada While You Are Here, pengguna bisa memilih fitur informasi dan layanan: Tourism, Wi-Fi, Emergency, News, Link Aja, Airportainment, Hotels dan Premium Services.
Pada fitur Tourism, pengguna bisa mendapatkan berbagai informasi terkait destinasi wisata yang terdapat di kota di mana bandara berada. Kemudian pada fitur Wi-Fi, pengguna bisa mendapatkan informasi untuk terkoneksi dengan Wi-Fi di bandara. Kemudian pada fitur Emergency, pengguna bisa langsung terhubung dengan personel di bandara saat membutuhkan bantuan.
Tidak hanya itu, lanjut Siswanto aplikasi Travelin juga memiliki fitur Business Opportunity yang menyediakan informasi mengenai komersial dan peluang usaha di bandara.
“Aplikasi Travelin juga menyediakan informasi penerbangan secara real time,” jelasnya.
“Informasi penerbangan di Travelin ini terkoneksi dengan Flight Information Display System (FIDS) di Bandara Internasional Minangkabau, sehingga bisa menjadi rujukan pengguna untuk mengetahui jadwal penerbangan,” tambahnya.
Kemudian kata Siswanto, di aplikasi Travelin, pengguna juga dapat membuat Airport ID untuk mendapatkan beragam layanan berbasis teknologi seperti TravelinPass.
“Layanan TravelinPass memungkinkan pengguna dapat memproses keberangkatan penerbangan dengan teknologi pengenalan wajah (biometric face recognition),” kata dia.
(*)