Curi Kabel hingga Akibatkan Laka Beruntun, Seorang Pria Diamankan Polsek Luki

Sakato.co.id – Personil Polsek Lubuk Kilangan (Polsek Luki) mengamankan seorang pria yang berinisial AE (48) karena diduga mencuri kabel di area Indarung IV PT. Semen Padang, Kelurahan Indarung, Kecamatan Lubuk Kilangan, Kota Padang, Minggu (23/7/2023).

Selain mencuri kabel tersebut, pelaku yang mencoba untuk kabur juga mengakibatkan kecelakaan beruntun di Kawasan Panorama, Jalan Lintas Padang – Solok.

Kapolsek Luki, Kompol Lija Nesmon menjelaskan menurut keterangan saksi kejadian berawal saat tersangka bersama dua orang rekannya yang berinisial Y dan Z membawa barang hasil curian berupa logam tembaga isi dari kabel hasil curiannya.

“Tembaga ini digulung sebanyak 4 gulungan dengan berat sekitar 15 kg pergulungannya dan dimuat ke mobil Dump truk tronton jenis Mitsubishi Fuso dengan nomor polisi (Nopol) BA 9182 QO,” jelas Kapolsek.

Dia menjelaskan Dump truk tersebut milik tersangka AE yang memang biasa dikendarai di area Pabrik Indarung IV PT. Semen Padang.

Lalu lanjut kata Kapolsek, sesampainya di pintu timbangan Dump truk yang dikendarai pelaku tersebut berusaha untuk kabur dengan menabrak portal timbangan dan tenda di Pos 1.

“Karena posisi Bak Dump dalam posisi masih naik, tenda yang berada dipos 1 tersangkut di Bak Dump Truk tersebut dan dibawa kabur oleh pelaku keluar dari Komplek Pabrik PT. Semen Padang,” ujarnya.

Kapolsek menjelaskan, pelaku belok kiri kearah panorama Sitinjau Laut, melihat hal tersebut pihak Security PT. Semen Padang yang sedang piket melakukan pengejaran terhadap mobil tersebut.

“Nah, selama proses pengejaran pelaku tersebut, truk yang dikendarainya melaju dengan kecepatan tinggi dan meghantam serta menabrak kendaraan baik kendaraan roda 2 maupun kendaraan roda 4, baik yg searah maupun lawan arah” jelas Kapolsek.

Lebih lanjut, sesampainya di tikungan terakhir jelang batas kota Padang – Solok, truck yang dikendarai pelaku tersebut terhalang oleh kendaraan truk yang berada didepannya, sehingga Dump Truk Tronton tersebut melambat dan tiba- tiba mundur masuk parit.

“Dan saat itu tersangka dapat ditangkap dengan bantuan warga dan pengguna jalan yang terkena senggol mobil tersebut,” ucapnya.

“Karena emosi warga dan pengguna jalan memukuli pelaku hingga babak belur dan pelaku diamankan oleh pihak Security PT. Semen Padang dan Personil Polsek Luki (Pawas) membawa pelaku ke Klinik Semen Padang guna diobati,” sambungnya.

Dan setelah selesai dilakukan pengobatan pelaku dan Barang Bukti dibawa ke Polsek Luki untuk diamankan. Namun kedua rekan pelaku yang berinisial Y dan Z berhasil kabur saat dilakukan pengejaran.

“Untungnya tidak ada korban jiwa dalam kecelakaan tersebut namun beberapa kendaraan mengalami kerusakan,” terangnya.

Kendaraan yang rusak dan terdata yaitu Mobil Toyota HIACE Majesty dengan Nopol BH 7438 AI, Sepeda Motor Yamaha N MAX dengan Nopol BA 5133 IC, Mobil Toyota Avanza Veloz dengan Nopol BA 1922 XX, dan
Mobil Honda Jazz dengan NoPol BG 1000 YM.

“Selain itu ada juga korban yang tersenggol dengan nama Redo Candra Ramadan (13) yang mengalami luka lecet pada bagian perut dan tangan,” terangnya.

Saat ini pelaku dan barang bukti hasil curian diamankan di Polsek Luki, sementara untuk mobil Dump truk tronton masih di TKP laka lantas di jalan Sitinjau Laut batas Kota Padang -Solok guna diamankan dan tindak lanjut proses hukumnya.

(*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *