AMC LBH Ansor Memberikan Kontribusi Nyata untuk Bangsa

Sakato.co.id – Ansor Mediation Center (AMC) LBH Ansor melaksanakan kegiatan Pendidikan Khusus Profesi Mediator (PKPM) dari 18-22 november 2023 di Kota Yogyakarta. Sebagai pemateri kegiatan dari Walisongo Mediation Center ( WMC) UIN Walisongo Semarang.

“Para peserta pendidikan berasal dari pengurus LBH GP Ansor di Seluruh Indonesia.Ada dari Riau,Batam, Sumatera Barat,Jambi, Bengkulu, Sumatera Selatan,Depok,Kalimantan Barat,Balikpapan,Bali, Sulawesi Selatan dan lain-lain. Beberapa materi antara lain peningkatan kapasitas resolusi konflik, jenis jenis mediasi,prinsip prinsip mediasi dan sebagainya. Tentu kegiatan ini bentuk Kontribusi nyata kita untuk membangun kesadaran bersama,cinta tanah air itu jadi bagian terpenting mewujudkan keadilan untuk semua. Jika saja 30 peserta yang ikut PKPM ini sukses dalam menjalankan roda AMC di masing masing daerah,tentu memberikan dampak besar untuk masyarakat yang butuh bantuan hukum,”jelas ketua AMC LBH GP Ansor Taufik Hidayat,didampingi Sekretaris AMC Muhammad Hamzah dalam acara penutupan di salah satu hotel di jalan Jogokaryan Yogyakarta rabu 22 november 2023 .

Kementerian Agama RI dalam hal ini Sekretariat Jenderal Pusat Kerukunan Umat Beragama dalam hal ini diwakili Desmon Andrian juga berharap para peserta pendidikan mediasi perlu segera memberikan kemampuan dan bantuan hukum terutama persoalan terkait Kerukunan umat beragama.

“Langkah langkah mediasi tentu modal untuk setidaknya memetakan persoalan misal hal hal Kerukunan Umat Beragama di daerah masing masing “,bebernya penuh semangat.

Berbagai bentuk pendidikan tidak saja presentasi kelompok,ada juga disediakan modul yang jadi landasan dalam mengenal mediasi lebih baik.
Mengenal mediasi tidak saja ada di pengadilan,di luar pengadilan tentu juga ada. Di PKPM ini para peserta dituntut untuk memahami langkah langkah non litigasi agar para pihak berpekara jadi lebih cepat, praktis mendapatkan kepastian hukum, tanpa menunggu waktu sekian bulan untuk sidang di pengadilan.
Salah satu peserta dari LBH GP Ansor PW Sumbar Eko Kurniawan juga punya harapan dengan adanya pelatihan mediasi dari AMC Ansor.

“Kita punya modal besar mengembangkan pola mediasi lebih fokus untuk irit waktu, biaya dan lain lain. Mediasi itu akan melahirkan kedamaian para pihak berpekara.Dengan mediasi, setidaknya mengurangi beban pihak di segi kemampuan ekonomi. Tujuan LBH GP Ansor tentu jargon keadilan untuk semua terasa di tengah masyarakat kita,” kata ketua LBH GP Ansor PW Sumbar tersebut.

Para peserta pendidikan mediasi akan menerima sertifikat tanda sudah punya kemampuan jadi Mediator. Dengan sertifikat tersebut bisa digunakan untuk jadi mediator baik untuk pengadilan maupun non pengadilan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *