UNP Gelar Wisuda Periode ke-133, Mahfud MD Turut Sampaikan Orasi Ilmiah

Sakato.co.id – Universitas Negeri Padang (UNP) menggelar Wisuda periode ke-133 periode Desember 2023 dengan jumlah para wisadawan 3.082 yang berlangsung pada 17-18 Desember 2023.

Wisuda periode ke-33 ini juga dihadiri oleh Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD.

Mahfud MD ikut memberikan orasi ilmiah kepada wisudawan dan wisudawati hari ini. “Pertama, saya mengucapkan selamat kepada para wisudawan dan wisudawati hari ini, selamat telah lulus dari UNP dan wisuda hari ini untuk wisuda yang ke-133,” kata Mahfud membuka orasinya yang digelar di Auditorium UNP, Minggu (17/12/2023).

Mahfud juga menyampaikan pesan, menurutnya setelah lulus kuliah ada sebuah laboratorium bernama kehidupan yang sesungguhnya.

“Kalau sudah masuk ke laboratorium kehidupan masyarakat harus hati-hati, karena kalau sekali gagal maka akan sulit diperbaiki,” ujarnya.

Mahfud juga berpesan bahwa ijazah itu hanya menujukan keahlian dibidang tertentu, namun sarjana belum tentu menunjukkan keahlian dalam bidang intelektual.

“Sarjana hanya sebagai pedoman dalam mencari pekerjaan, namun intelektualalitas adalah kemuliaan moral. Saudara akan hidup ditengah masyarakat akan berhasil manakala saudara menjadikan diri sebagai intelek, bukan hanya sebagai sarjana,” ungkapnya.

Mahfud lalu menyinggung terkait data korupsi di Indonesia yang 84 persen koruptor merupakan lulusan perguruan tinggi.

“Berapa jumlah koruptor? 1.250 lah kira-kira yang saat ini ditangkap dan diadili, 1.300 mungkin sekarang, karena itu data akhir tahun lalu. 84 persen dari 1.300 itu kira-kira 900 orang itu adalah sarjana,” jelasnya.

Meski demikian, menurutnya perguruan tinggi tidaklah gagal sebab masih banyak lulusan yang mempunyai intelektualitas dan kemuliaan watak.

“Jadi artinya perguruan tinggi masih baik. Sementara mereka yang bertindak koruptor hanya mungkin pintar otaknya tapi tumpul wataknya. Dia punya intelektualitas yang tidak seimbang karena yang ada pada dia hanya kecerdasan otaknya, bukan kemuliaan wataknya,” jelasnya.

Sementara itu Rektor Universitas Negeri Padang, Prof. Ganefri, Ph.D, dalam sambutannya mengucapkan selamat kepada para wisudawan yang sudah menyelesaikan masa studi di Universitas Negeri Padang.

“Dalam upacara wisuda ini, saya atas nama pribadi, sebagai pimpinan dan atas nama seluruh warga Universitas Negeri Padang menyampaikan dengan rasa bangga dan apresiasi tinggi atas kelulisan wisudawan dan wisudawati sekalian mengucapkan selamat atas gelsr akademik yang diraih sesuai bidang yang ditempuh,” kata Ganefri.

Dia berharap para lulusan dapat menerapkan pengetahuan yang dimiliki serta mampu menerapkan nilai-nilai yang didapat selama masa perkuliahan.

Ganefri menyampaikan capaian yang sudah diraih UNP selama Juli hingga Desember 2023. Secara kelembagaan UNP termasuk jajaran Top 31 PTN terbaik versi QS 2024.

“Alhamdulillah UNP juga berhasil memecahkan rekor Museum Rekor Indonesia (MURI), kategori memakai tutup kepala songket, tercatat 17.390 orang sari civitas, mitra, alumni, dan sekolah Yayasan Pembangunan berkumpul memakai songket dalam event UNP Basongket yang diagendakan dalam Dies Natalis UNP ke-69 Kamis 14 Desember 2023 lalu,” ungkapnya.

Selain itu tecatat 18 prestasi Internasional dan Nasional bidan ilmiah, olahraga, dan seni diperoleh mahasiswa UNP.

“Akhirnya kami ucapkan selamat memasuki era baru sebagai ahli madya, sarjana, magister, dan doktor kepada seluruh wisudawan sehingga kita selalu sukses dalam menapak kehidupan masa ini dan masa datang,” tuturnya.

Terkait musibah erupsi yang menimpa mahasiswa Universitas Negeri Padang yang akan diwisuda, Ganefri ikut mengucapkan rasa belasungkawa dan mengirim doa bersama.

“Besok mereka akan diwisuda dan nanti akan ada dari BKSDA yang datang memberikan santunan termasuk asuransi bagi para korban,” ujarnya.

Ganefri berharap agar selalu berhati-hati terutama mendaki gunung yang tergolong aktif agar tidak ada lagi korban selanjutnya.

(*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *