PT. Angkasa Pura II Berikan Pelatihan Pengolahan Biji Kakao ke Masyarakat di Padang Pariaman

Sakato.co.id – PT. Angkasa Pura II Kantor Cabang Bandara Internasional Minangkabau melaksanakan program Tanggung Jawab Sosial Lingkungan (TJSL) dalam bentuk pelatihan pengolahan biji kakao menjadi komoditi unggulan bernilai tambah ke masyarakat/UMKM di Kabupaten Padang Pariaman.

Kegiatan pelatihan ini dilaksanakan selama 2 hari yaitu Tanggal 27-28 November 2023 di Gedung Serbaguna Sentra Industri Kecil dan Menengah (Gessikmen) milik Pemerintah Kabupaten Padang Pariaman yang dikelola oleh Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu dan Perindustrian (DPMPTP) Kabupaten Padang Pariaman.

Dalam pelatihan tersebut, Angkasa Pura II Padang menggandeng Owner Malibou Cokelat sebagai trainer yang sudah berpengalaman puluhan tahun mengolah biji kakao menjadi produk-produk unggulan yang ikut memberikan warna dan branding Kab. Padang Pariaman sebagai daerah penghasil kakao di Sumatra Barat.

Pelatihan yang diikuti oleh 50 peserta itu dibuka dan dihadiri Ketua Dekranasda Padangpariaman, Yusrita Suhatri Bur, EGM AP II diwakili Manager of Finance & Human Resource (M. Ikhbar Sungkar), Plt. Kadis DPMPTP (Rifki Monrizal), Kadis Dagnakerkop dan UKM (Jon Kenedi) Kabid Bina Industri (Trisna Junaili) dan Kabid UMKM (Ade Mahriyal).

Dalam sambutannya Plt. Kadis DPMPTP mewakili Bupati Padang Pariaman menyebutkan bahwa komoditas kakao merupakan produk unggulan di Padang Pariaman yang perlu dikelola dengan baik mulai dari industri hulu sampai hilirisasi.

Selanjutnya, Ketua Dekranasda dalam sambutannya mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada PT. AP II yang telah memberikan bantuan CSR berupa pelatihan bagi pelaku IKM di Padangpariaman.

“Semoga dengan pelatihan ini dapat menambah wirausahawan baru khususnya di bidang pengelolaan kakao,” harap Ketua TP-PKK Padang Pariaman itu.

(*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *