Produksi Tinta Pemilu Berbahan Gambir, Unand-PTKIJ Resmi Bekerjasama

Sakato.co.id – Universitas Andalas (Unand)) menandatangani Kerjasama dengan PT. Kudo Indonesia Jaya, Jumat 21/7-2023 di PTKIJ Jakarta.

Kerjasama UNAND dengan PTKIJ ini dalam hal pembuatan tinta pemilu dengan bahan organik dari tanaman Gambir.

Kerjasama itu ditandatangani langsung oleh Dr. Hefrizal Handra, M.Soc.Sc selaku Wakil Rektor Bidang Perencanaan, Kerjasama, Riset dan Inovasi, UNAND dan Eko Santiko selaku Direktur PT KIJ, disaksikan Direktur Kerjasama dan Hilirisasi UNAND Dr Muhammad Makky.

“Inti kerjasama itu, PT Kudo Indonesia Jaya akan memproduksi tinta gambir yang akan digunakan dalam pengadaan tinta pemilu oleh KPU. Unand bertindak sebagai penyedia formula dan bahan baku utama tinta,”ujar Hefrizal Hendra.

PTKIJ merupakan perusahaan dan penyedia produk tinta berbasis TKDN di Indonesia dan telah menghasilkan tinta dengan merek Maleo dan Gelatik.

Pelaksanaan kerjasama ini dalam rangka meningkatkan kualitas produk dari tinta PT KIJ, bersama inventor dari Universitas Andalas, Padang, Sumatera Barat.

“Tinta hasil invensi Unand ini merupakan yang pertama di Indonesia, menggunakan bahan alami dari tumbuhan Gambir. Keunggulan tinta ini adalah menggunakan bahan baku lokal asli Indonesia, yaitu Gambir yang ramah lingkungan, dan membantu pengembangan perekonomian lokal daerah,”ujar Dr Muhammad Makky.

Menurut Hefrizal Handra, Indonesia adalah penghasil Gambir terbesar dunia dan menyuplai lebih dari 84 persen kebutuhan pasar global.

Sumatera Barat berdasarkan data BPS 2020, merupakan penghasil Gambir terbesar di Indonesia dengan luas lahan 28.016 hektar dan produksi sebanyak 7.582 ton setiap tahunnya.

Eko Santiko selaku Direktur PT Kudo Indonesia Jaya mengungkapkan kepercayaan bekerjasama dengan Unand.

“Kami yakin bekerjasama dengan UNAND dan percaya dengan kualitas tinta berbahan Gambir yang sudah teruji melalui beberapa kali penelitian,”ujar Eko Santiko.
(*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *