Peringati HUT ke-52 Basarnas, Kakansar Padang: Tingkatkan Profesional dan Proaktif Tim Rescue

Sakato.co.id – Kantor Pencarian dan Pertolongan Kelas A Padang memperingati HUT ke-52 Basarnas, Kamis (29/2/2024).

Diketahui peringatan HUT Badan SAR Nasional (Basarnas) ini diperingati pada tanggal 28 Februari setiap tahunnya.

Kepala Kantor SAR (Kakansar) Padang, Abdul Malik menyampaikan, pada peringatan Ulang Tahun Basarnas yang ke 52 ini, Kantor Pencarian dan Pertolongan Kelas IIA Padang akan tetap meningkatkan “Quick respon” tanggap darurat dalam pencarian dan pertolongan, serta profesional dan proaktif di tengah masyarakat Sumatera Barat.

Ia jelaskan selama tahun 2023 ada sebanyak kejadian yang butuh pertolongan Basarnas sendiri seperti ada kecelakaan kapal 13 kejadian, kemudian membahayakan jiwa manusia ada 49 kejadian, bencana alam ada 12 kejadian, kemudian kecelakaan dengan penanganan khusus ada 4 kejadian.

“Jadi pada sebanyak kejadian tersebut korban yang dapat kita selamatkan atas kejadian itu ada sebanyak 2.305 jiwa dan yang meninggal dunia 81 jiwa, sedangkan yang hilang tidak dapat ditemukan sebanyak 7 jiwa,” jelas Abdul Malik.

“Kemudian pada tahun 2024 sejak Januari hingga akhir Februari 2024 ini ada 6 operasi, dan yang dapat diselamatkan yakni 102 jiwa dan yang meninggal dunia 4 orang,” imbuhnya.

Lalu saat disinggung terkait status Gunung Marapi yang saat ini masih berstatus Siaga, pihaknya mengimbau kepada masyarakat yang berada pada 4,5 Km dari puncak kawah diharapkan tidak ada aktivitas masyarakat.

“Peranan dari Basarnas sendiri, selain dalam bentuk evakuasi, dan tahun ini kita akan merencanakan membuat Kontinjensi tentang Marapi, saat ini masih sedang progres, dan akan dilaksanakan Insya Allah usai lebaran di Bukittinggi,” Kata dia.

Lebih lanjut Abdul Malik mengungkapkan, tantangannya selama ini di Sumatera Barat adalah, dimana diketahui bahwa Sumbar ini merupakan marketnya bencana. Tentunya kesiapan dari pihak Tim Rescue Basarnas lebih profesional lagi, proaktif dan meningkatkan penggunaan tekhnologi. Hal itu sudah sesuai dari arahan Presiden Jokowi dan juga kepala Badan SAR Nasional,” ungkapnya.

Ia berharap, dengan Sumbar sebagai Marketnya bencana, kedepannya adanya penambahan Sumber Daya Manusia (SDM) pada tahun ini pada Kantor SAR Padang.

“Pada Rakernis beberapa bulan kemarin, itu kita sudah ajukan, dan sudah mendapat respon dari Menpan RB, semoga Kantor SAR Padang mendapat kuota penerimaan SDM yang lebih,” pungkasnya.

(*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *