Penjaringan Bacalon Rektor UNAND di Tingkat Dosen, Berikut Hasilnya

Sakato.co.id – Setelah ditetapkan nomor urut Bakal Calon (Bacalon) Rektor oleh Majelis Wali Amanat (MWA) Universitas Andalas (UNAND), Panitia Pemilihan Rektor (Pilrek) menggelar Tahapan penjaringan di tingkat dosen.

Dalam penjaringan atau yang dinamakan dengan pengumpulan pendapat/aspirasi dosen tersebut diikuti sebanyak 912 dosen yang menggunakan hak suaranya, dan dilangsungkan di Gedung Auditorium Kampus Limau Manis pada Selasa (3/10/2023).

Ketua Panitia Pilrek Prof. Febrin Anas Ismail mengatakan, pada tahap ini setiap dosen memilih tiga nama Bacalon yang berbeda dengan cara mencontrengnya pada kolom dalam surat suara yang berisi nomor urut, nama, dan foto.

“Adapun dosen yang dapat memilih ini merupakan dosen Universitas Andalas yang memiliki Nomor Induk Dosen Nasional (NIDN) dan Nomor Induk Dosen Khusus (NIDK),” jelasnya.

Secara keseluruhan dosen Universitas Andalas dikatakan Prof. Febrin berjumlah 1.565 orang terdiri dari 1.561 NIDN dan 4 NIDK, Dosen yang hadir ke pemilihan sebanyak 912 orang (58,27%), 889 dinyatakan sah, 22 orang tidak sah, 1 orang abstain. Dari sejumlah surat suara yang dinyatakan sah, maka didapat 2.667 jumlah pilihan.

Sebagai informasi, bahwa pemilih yang hadir dapat memilih 3 nama dari 12 nama calon yang ada dalam satu lembar surat suara yang diberikan oleh panitia

Berikut hasil dari tahap penjaringan di tingkat dosen:

Dr. Ing Uyung Gatot S. Dinata sebanyak 426 suara

Efa Yonnedi, SE, MPPM, Akt, CA, CRGP sebanyak 409 suara

Prof. Dr. Ikhwana Elfitri, MT sebanyak 263 suara

Prof. Dr. rer soz. Nursyirwan Effendi sebanyak 238 suara

Ir. Insannul Kamil, M. Eng, Ph. D IPM. ASEAN Eng sebanyak 225 suara

Dr. Ir. Munzir Busniah, M. Si sebanyak 214 suara

Prof. apt. Fatma Sri Wahyuni, Ph. D sebanyak 198 suara

Prof. Dr. Novisar, M. Si sebanyak 177 suara

Dr. Charles Simabura, MH sebanyak 169 suara

Prof. Dr. dr. Afriwardi, Sp.KO, MA sebanyak 144 suara

Defriman Djafri, SKM, MKM, Ph. D sebanyak 136 suara

Dr. Feri Arlius, MSc sebanyak 68 suara

Selanjutnya, Panitia Pemilihan menyusun semua nama-nama hasil dari tahap ini berdasarkan peringkat suara terbanyak dan menyerahkan daftar nama Bacalon Rektor kepada MWA untuk ditetapkan pada 4 Oktober 2023.

Setelah itu, akan dilaksanakan tahap penyaringan di tingkat Senat Akademik Universitas (SAU) untuk memilih tiga (3) besar pada 18 Oktober 2023 mendatang yang akan diajukan sebagai calon rektor pada pemilihan di tingkat Majelis Wali Amanat (MWA) nantinya.

(*)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *