Kolaborasi Bersama Baznas dan LAZ, Kemenag Sumbar Akan Gelar Festival Ramadan

Sakato.co.id – Dalam rangka peningkatan partisipasi umat Islam dalam berzakat, Ditjen Bimas Islam Kemenag RI akan melaksanakan program Festival Ramadan, program kolaborasi dan sinergi Kementerian Agama, Baznas dan Laz.

Menyikapi hal ini Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sumatra Barat menggelar rapat koordinasi bersama pimpinan Lembaga Amil Zakat (Laz) se Sumatera Barat.

Rapat dipimpin Kakanwil Kemenag Sumbar diwakili Kepala Bidang Penais Zawa, H. Yufrizal didampingi Ketua Tim Penyelenggaraan Zakat, Alfajri. Rapat diikuti pimpinan LAZ se Sumatera Barat, Rabu (13/3/2024).

Dalam kesempatan itu, Kabid juga menyampaikan tentang kampanye bersama penyaluran dana Zakat, Infak, sedekah dan dana Sosial Keagamaan lainnya kepada mustahik di bulan Ramadan.

Dikatakan putra Pesisir Selatan ini,  Pengurus Laz bersama Kanwil Kemenag Sumbar sepakat untuk mendukung dan menyukseskan kegiatan festival ramadhan tahun 1445H.

“Sumatera Barat siap mendukung penuh kegiatan festival ramadan yang akan dilaksanakan pada tanggal 22 Maret 2024 secara serentak se Indonesia,” ulas Kabid.

Sementara untuk pelaksanaan festival ramadan di tingkat Kanwil Kemenag Sumbar lanjut Yufrizal akan disejalankan dengan kegiatan Pembinaan LAZ se Sumatera Barat.

“Teknis pelaksanaannya, setiap LAZ menyiapkan satu orang Mustahik atau penerima manfaat sekaligus paket ramadan senilai 150 ribu sampai 200 ribu,” jelas Yufrizal.

Dikatakan Kabid, festival ramadan ini sebagai wujud kepedulian Kementerian Agama kepada masyarakat yang ekonominya kategori miskin.

Ia juga minta pihak LAZ untuk menyamakan komposisi paket ramadan yang akan dibagikan kepada mustahik. Sebelumnya, ia berharap setiap LAZ menyampaikan data penyaluran paket ramadan.

Sebagai wujud dukungan penuh kata Yufrizal, Kemenag Sumbar juga akan dikoordinasikan dengan BAZNAS provinsi Sumbar terkait dukungan kegiatan festival ramadhan, pungkas Kabid.

(*)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *