Ketum Partai Ummat Blak-blakan Alasan Maju di Dapil Sumbar I

Sakato.co.id – Kejutan terjadi dengan telah ditetapkannya Daftar Calon Tetap (DCT) caleg DPR RI/DPD RI/DPRD Provinsi/DPRD Kabupaten dan Kota oleh KPU RI pada tanggal 3 November 2023 lalu, dimana Ketua Umum DPP Partai Ummat Ridho Rahmadi jadi Caleg DPR RI di Daerah Pemilihan (Dapil) Sumbar 1.

Dapil Sumbar 1 itu meliputi 11 kabupaten dan kota, yakni; Kabupaten Solok, Solok Selatan, Pesisir Selatan, Tanah Datar, Sijunjung, Dharmasraya, dan Mentawai serta Kota Solok, Padang, Sawahlunto dan Padang Panjang, dengan 8 kursi DPR RI yang diperebutkan.

Pada daftar Caleg DPR RI Dapil Sumbar 1 dari Partai Ummat tersebut, Ridho Rahmadi berada pada Nomor Urut 1.

Alasan kenapa mencalon di Dapil Sumbar 1, tidak di Jawa atau daerah pemilihan lainnya, menurutnya, Partai Ummat telah melakukan pengkajian dan pemetaan terhadap 40 dapil yang menjadi prioritas untuk mendapatkan kursi DPR RI di Pemilu 2024 mendatang, dan Dapil Sumbar 1 termasuk di antara yang prioritas tersebut.

“Target Partai Ummat itu bisa mendapatkan kursi DPR RI sebanyaknya, agar bisa lolos Parliementary Threshold yang 4%, dan kapan perlu bisa 2 digit. Jadi nantinya Partai Ummat itu bisa berperan sebagai play maker dan decision maker,” ujarnya.

Lanjutnya lagi, majunya ia menjadi caleg di Dapil Sumbar 1 ini adalah jangka pendek. Proyeksi jangka panjang, bagaimana kedepannya membangun ideologi Partai Ummat dari Sumbar.

Ridho menyampaikan bahwa ia berusaha melengkapi perjuangan Amien Rais yang merupakan pendiri dan Ketua Majelis Syura Partai Ummat dalam upaya amar makruf nahi mungkar, serta melawan kezaliman dan menegakkan keadilan.

“Dulu saat ikut Pilpres, Pak Amien itu menang di tiga daerah, yakni Aceh, Sumbar dan Yogyakarta. Jadi hubungan emosional masyarakat Sumbar dengan Pak Amien itulah yang diharapkan Partai Ummat terus berlanjut,” tutur Ridho, yang didampingi Ketua DPW Partai Ummat Sumbar Taslim Chaniago, saat temu ramah dengan wartawan di Padang, Selasa (7/9/2023).

Sebagaimana diketahui, Ridho yang merupakan seorang doktor tamatan Universitas Radboun di Nijmejen Belanda yang ahli AI (Artificial Intellegence) ini menjadi bagian dari keluarga mantan Ketua PP Muhammadiyah Amien Rais sejak pernikahannya dengan Tasniem Fauzia Rais, putri bungsu Amien.

Apalagi, kata Ridho lagi, Partai Ummat itu mendukung pasangan Anies-Muhaimin (AMIN) di Pilpres, dan ini diyakininya selaras dengan aspirasi mayoritas masyarakat Sumbar.

Ridho pun bersama timnya sudah menyiapkan strategi kampanye untuk meraih suara maksimal di Dapil Sumbar 1, yang disebutkan dapil ini oleh salah seorang wartawan sebagai “Dapil Neraka” karena persaingannya yang ketat.

“Tentunya ikhtiar ini tidak terlepas dari dukungan masyarakat Sumbar, agar Partai Ummat bisa mendapatkan kursi DPR RI, khususnya di Dapil Sumbar 1,” pungkasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *