Gubernur Mahyeldi Launching Calendar of Events 2024 Sumatera Barat

Sakato.co.id – Gubernur Sumatera Barat, Mahyeldi Ansharullah bersama Dinas Pariwisata Sumbar melaunching Calendar of Events 2024.

Dihadiri seluruh Forkopimda Sumbar, Kepala Daerah 19 Kabupaten dan Kota di Sumbar serta sejumlah Stakeholder terkait, kegiatan Launching Calendar of Events 2024 ini dilaksanakan di Kawasan Pantai Puruih, Kota Padang, Sabtu (20/1/2024) malam.

Gubernur Mahyeldi dalam sambutannya mengatakan bahwa Pemerintah Sumbar pada kesempatan ini menegaskan kembali komitmennya dalam pembangunan sektor kepariwisataan daerah. Karena pariwisata adalah salah satu potensi paling nyata yang sudah dimiliki Sumatera Barat.

“Mulai dari keindahan alam, keunikan budaya, kelezatan kuliner, hingga atraksi wisata, semua sudah menyatu menjadi potensi besar untuk kita garap bersama-sama,” ungkap Gubernur.

“Sekarang, tinggal bagaimana keseriusan kita semua dalam menggarap pembangunan pariwisata agar sesuai dengan kebutuhan pasar dan perkembangan zaman sehingga Sumatera Barat semakin menarik bagi wisatawan nusantara maupun mancanegara,” imbuhnya.

Lebih lanjut Mahyeldi mengatakan, dengan berakhirnya program aktivasi tahun kunjungan wisata “Visit Beautiful West Sumatra 2023”, ia berharap sama sekali tidak boleh berfikir bahwa tugas telah selesai. Namun sebaliknya, ini merupakan sebuah awal baru yang baik dan harus dijadikan sebagai batu loncatan.

“Kita ketahui angka kunjungan wisatawan pada tahun 2023 telah mencapai 11 juta kunjungan, dan ini harus terus dioptimalkan agar manfaat sektor pariwisata kita bisa terus bertumbuh di daerah ini dan dapat dirasakan manfaat ekonominya secara langsung oleh masyarakat,” beber Mahyeldi.

Ia katakan, upaya penguatan brand pariwisata Sumatera Barat “Visit Beautiful West Sumatra” perlu dukung bersama-sama sebagai upaya untuk menarik perhatian pasar wisatawan agar bisa memberikan efek positif terhadap keberlanjutan destinasi wisata dan selalu diingat oleh wisatawan sebagai salah satu tujuan wisata terbaik.

Sebagai penutup, Mahyeldi mengucapkan selamat atas pelaksanaan Launching Calendar of Events 2024, semoga tahun ini kunjungan wisatawan ke Sumatera Barat bisa terus meningkat.

“Dan untuk masyarakat serta pelaku industri pariwisata Sumatera Barat yang akan menjadi “ujung tombak” pelayanan terhadap wisatawan, kami berpesan agar menjadi tuan rumah yang baik dan ramah terhadap wisatawan dengan menerapkan aspek Sapta Pesona (aman, tertib, bersih, sejuk, indah, ramah tamah dan kenangan) agar wisatawan senang dan selalu ingin berkunjung kembali ke Sumatera Barat,” pungkasnya.

Sementara itu Kepala Dinas Pariwisata Sumbar, Luhur Budianda mengatakan ada 78 events yang terangkum dalam Calendar Of Events West Sumatra 2024.

“Untuk tahun 2024 ini kami menghimpun data event-event yang akan diselenggarakan oleh setiap kabupaten dan kota, disamping event provinsi dan komunitas baik yang bersifat kabupaten, provinsi, nasional maupun internasional. Dari 131 events yang masuk, kami sudah mengkurasi dan memilahnya menjadi 78 events yang terangkum dalam Calendar Of Events West Sumatra 2024,” ungkapnya.

“Tahun Kunjungan Wisata “Visit Beautiful West Sumatra 2023” sudah dikenal oleh dunia pariwisata dan wisatawan, oleh sebab itu maka kita kembali me re-launching Tourism Branding Pariwisata Sumatera Barat yakni “Visit Beautiful West Sumatera”, sambungnya menambahkan.

Ia berharap dukungan seluruh element Phentahelix Pariwisata Sumatera Barat, semoga dengan koordinasi, kolaborasi dan kontribusi bersama, pihaknya bisa mengembangkan pariwisata Sumatera Barat yang lebih maju yang tentunya akan berdampak kepada perekonomian dan kesejahteraan masyarakat Sumatera Barat.

(*)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *