Gelar Rakor, Kanwil Kemenkumham Sumbar Evaluasi Capaian Kinerja Tahun 2023

Sakato.co.id – Rapat Koordinasi Evaluasi Capaian Kinerja Tahun 2023 merupakan bentuk upaya pengendalian dalam mengukur keberhasilan pencapaian kinerja Tahun 2023.

Hal tersebut diungkapkan Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Sumatra Barat (Sumbar), Haris Sukamto di hadapan para mitra kerja dan Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) se-Sumatera Barat yang hadir dalam kegiatan Rakor Evaluasi Capaian Kinerja Tahun 2023 pada Jumat (1/12/2023) di Mercure Hotel Padang.

Disamping itu juga lanjut Haris, kegiatan ini juga untuk mengevaluasi kinerja anggaran dan membahas permasalahan yang ditemukan serta menyusun langkah-langkah strategis dalam menghadapi Tahun 2024 di jajaran Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sumatera Barat.

“Kami di Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sumatera Barat telah memenuhi target kinerja yang sudah ditetapkan oleh Kementerian, baik dari sisi pengelolaan anggaran maupun target kinerja,” ungkap Kakanwil.

“Untuk capaian kinerja Tahun 2023, Kanwil Kemenkumham Sumbar saat ini telah memenuhi target kinerja yang sudah ditetapkan, baik dari sisi pengelolaan anggaran maupun target kinerja di setiap divisi,” imbuhnya.

Haris yang didampingi oleh para Kepala Divisi dan Pejabat struktural, menyampaikan ada beberapa aspek yang menjadi evaluasi capaian kinerja yakni meliputi nilai IKPA, SAKIP, penyusunan laporan SPIP secara berkala dan pelaporan melalui aplikasi e-Smart, e-Monev, e-Performance dan e-Tarja yang berpengaruh kepada nilai capaian kinerja Kantor Wilayah.

Haris berharap seluruh mitra kerja Kanwil Kemenkumham Sumbar dapat memberi tanggapan dan evaluasi atas capaian kinerja tahun 2023. Ia meminta kepada seluruh Kepala UPT untuk menyampaikan paparan terkait capaian kinerja tahun 2023 serta langkah-langkah strategis dalam menghadapi tahun anggaran 2024.

Lebih lanjut ia mengungkapkan bahwa evaluasi kinerja pada Kanwil Kemenkumham tidak hanya secara internal, tapi pihaknya melibatkan pihak eksternal yang merupakan mitra kerja Kanwil Kemenkumham.

“Jadi dengan bersama pihak mitra, pada evaluasi ini bisa ada masukan dari pihak lain, dengan kinerja satu tahun ini,” kata dia.

Turut hadir perwakilan pada kegiatan ini Kepala Kantor Wilayah DJPB Sumbar, Kejaksaan Tinggi Sumbar, Pengadilan Tinggi Padang, Ombudsman Sumbar, Polda Sumbar, KPKNL Padang, Lanud Sutan Sjahrir, Lantamal II Padang, Badan Kesbangpol Sumbar dan Biro Hukum Sekda Sumbar sebagai mitra kerja eksternal Kanwil Kemenkumham Sumbar.

Sementara itu, Kepala Divisi Kanwil Kemenkumham Sumbar, Ramelan Suprihadi yang juga Ketua Panitia dari kegiatan tersebut mengungkapkan, bawah Rakor ini akan berlangsung selama dua hari yakni Jumat-Sabtu (1-2/12/2023) yang diikuti oleh peserta sebanyak 130 orang terdiri dari pejabat struktural di lingkungan Kanwil Kemenkumham Sumbar, masing-masing Sub Bagian dan Kepala Unit Pelaksana Teknis di Wilayah Sumbar.

“Jadi tujuan dari Rakor ini yakni meningkatkan koordinasi dan sinergi di lingkungan Kanwil Kemenkumham Sumbar dan UPT, dan menghasilkan rencana kerja dan anggaran yang akuntabel, kinerja yang efektif, efisien dan transparan untuk good government dan good governance,” ungkapnya.

Dalam kegiatan tersebut Kanwil Kemenkumham mengapresiasi Team Work nya dengan pemberian Penghargaan kepada Satuan Kerja Terbaik dalam beberapa kategori seperti Pengelolaan Keuangan dan BMN Terbaik, Pengelolaan Data dan Sistem Informasi Kepegawaian Serta Pengelolaan Arsip Digital, kemudian kategori Pengelolaan Pemberitaan dan Informasi Publik di Media Online dan Media sosial.

(*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *