Donor Darah FKMKTT-PMI Disambut Antusias Masyarakat

Sakato.co.id – Forum Komunikasi Masyarakat Kelurahan Teladan Timur (FKMKTT) bekerja sama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Medan dan Kalbe Farma yang didukung DPC Hanura Kota Medan, menggelar donor darah yang dilaksanakan di Jalan Jati III nomor 119 A Medan, Minggu (12/11/2023).

Hadir di sana, Ketua FKMKTT Aprizal, Wakil Budi, Sekretaris Awaluddin Lubis, Bendahara Rifki Can, Ketua PMI Medan Maulana Yokaika, dan jajaran sejumlah pengurus, termasuk Lora Tourisia Harefa mewakili pengurus perempuan DPC Hanura, mewakili Kalbe Farma, Kepling XI Ir Anasrul Fahri, tokoh masyarakat, bakal calon (balon) Partai Hanura DPRD Sumut Dapil 1 No urut 2, Dra Hj Lidya Meril, dan masyarakat yang antusias menghadiri acara tersebut.

Menurut Sekretaris FKMKTT, Awaluddin Lubis mengatakan, donor yang pertama kali digelar ini bertujuan mengajak masyarakat untuk lebih peduli kepada warga yang butuh darah, karena setetes darah begitu penting bagi penerimanya.

Dijelaskan, donor darah yang digelar FKMKTT bekerja sama dengan PMI dan Kalbe Farma merupakan bentuk kepedulian pihaknya guna membantu mereka yang membutuhkan darah. “Bagi pendonor, darah yang mereka sumbangkan dapat membantu hidup orang lain, sedangkan bagi pendonor itu sendiri bermanfaat menurunkan berat badan, membantu membakar kalori dan deteksi dini resiko kesehatan,” ujarnya.

Dia mengatakan, donor darah yang didukung DPC Hanura Medan diketuai Hendra DS ini dibuka untuk umum, namun diutamakan bagi warga Keluarahan Teladan Timur, Kecamatan Medan Kota. “Acara ini kita harapkan akan lanjut di tempat lain, dan kita berharap masyarakat semakin tergugah untuk mendonorkan darahnya,” ujarnya.

Ketua PMI Kota Medan Maulana Yokaika mengatakan, pihaknya mengapresiasi kegiatan donor darah yang digelar FKMKTT. “Acara ini intinya saling berbagi, kita sehat dan masyarakat selamat,” katanya.

Sementara mewakili pengurus perempuan DPC Hanura Medan, Lora Tourisia Harefa mengajak masyarakat untuk peduli dengan sesama, dan saling membantu guna menolong warga yang sangat membutuhkan darah.

“Saya dukung acara donor darah ini, semoga ke depannya jumlah pendonornya lebih banyak,” ujarnya.
Hal yang sama diutarakan balon DPRD Sumut Dapil 1 Dra Hj Lidya Meril yang mengapresiasi sepenuhnya donor darah yang digelar FKMKTT dan mendapat dukungan dari DPC Hanura Kota Medan. “Ini bentuk perhatian kepada warga untuk secara sukarela mendonorkan darahnya, agar dapat menyelamatkan orang lain yang sangat membutuhkan darah,” katanya.

Amatan di lapangan, warga terlihat antusias mendaftarkan diri jadi pendonor, yang wajib menjalani pemeriksaan kesehatan sebelum darahnya diambil. Berdasarkan laporan, tercatat sebanyak 58 orang mendaftarkan diri jadi pendonor.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *