Buku Goresan Puisi di Hari Tua, Karya Saunir Saun di Luncurkan dan di Bedah

 

Sakato.co.id – Peluncuran dan Bedah Buku Goresan Puisi di Hari Tua, Karya Saunir Saun, mendapat sambutan yang hangat dari kalangan pencinta buku dan juga sastrawan. Tak hanya itu, dalam peluncuran buku tersebut, juga dihadiri oleh mahasiswa dari perguruan tinggi, guru, dosen, dan seniman.

Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) SatuPena Provinsi Sumatra Barat (Sumbar), Sastri Bakrie, mengatakan, peluncuran dan bedah buku, Saunir Saun adalah salah satu diantara sekian banyak kegiatan yang dilaksanakan DPD SatuPena Sumbar.

Bahkan dibulan Mei 2024, DPD SatuPena juga akan, menggelar acara International Minangkabau Literacy Festival (IMLF) yang kedua dengan menghadirkan peserta dalam dan luar negeri.

DPD SatuPena Sumbar, selalu mendorong para anggotanya untuk rajin menulis dan berkarya.

“Seperti yang dilahirkan Saunir Saun ini. Beliau tahun sebelumnya juga telah kita anugrahkan penghargaan sebagai penulis prolifik tahun 2023 sebagai penulis yang paling rajin menulis puisi, terutama di grup WA DPD SatuPena Sumbar. Meskipun usia Beliau sudah memasuki 70 tahun. Namun jujur saja banyak penulis yang lebih muda, kalah oleh keaktifan Saunir Saun dalam hal menulis,” ujar Sastri, Selasa (19/3/2024) kemaren.

Ditahun 2024, SatuPena Sumbar, memilih penulis prolifik yaitu aktif menulis di SatuPena Sumbar dan juga media sosial (medsos), serta penulis berprestasi.
Ia berharap, penulis harus independen dalam menghasilkan karyanya.

“DPD SatuPena Sumbar, memberikan ruang, memfasilitasi penyair, sastrawan, untuk berkarya,” ujarnya.

Dalam kesempatan tersebut, ketua DPD SatuPena Sumbar, Sastri Bakrie, sempat menyinggung, kegiatan IMLF yang digelar Mei mendatang, dihadiri oleh 17 negara.

“Akan ada berbagai macam kegiatan, seperti pameran foto, pameran buku, lukisan, parade baca dunia, seminar, jelajah budaya dan lain-lain,” imbuhnya.

Disisi lain, Kepala Dinas Kebudayaan Sumbar, Jefrinal Arifin, mengharapkan, adanya karya sastra lain yang dibedah, terutama menyangkut puisi, seni, dan buku-buku.

“Kedepan, Dinas Kebudayaan Sumbar, melalui taman budaya dan musium, terus menggalakkan karya seni, agar masyarakat Sumbar mengetahui,” ujarnya.

Tak hanya itu, Jefrinal juga, merespon kegiatan yang dilaksanakan DPD SatuPena Sumbar, sebagai sebuah kegiatan yang sangat bagus untuk menumbuhkembangkan minat menulis dan minat baca di Sumbar.

Sementara itu, Bunda Literasi Provinsi Sumbar, Harneli Mahyeldi yang turut hadir di acara yang digelar di aula Gedung Kebudayaan Sumbar, Sabtu (16/3/2024) lalu termotivasi dengan bedah buku penulis senior seperti Saunir Saun. Apalagi hampir disetiap puisi yang ditampilkan di buku itu, berisi nasehat dan pesan-pesan moral yang berguna bagi generasi muda khususnya dan masyarakat pada umumnya.

Bedah buku karya Saunir Saun berjudul Goresan Puisi di Hari Tua, dibedah oleh, Prof. Dr. Haris Effendi Tahar, M.Pd dan peneliti BRIN Dra. Zusneli Zubir, yang dimoderatori oleh Sekretaris DPD SatuPena Sumbar Armaidi Tanjung itu.

Selain membedah buku, kegiatan yang diselenggarakan di aula Dinas Kebudayaan Sumbar, menampilkan pembacaan puisi dan juga tanya jawab serta ditutup dengan buka puasa bersama.

(*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *