Bakri Maulana Siap Maju Pada Pilkada Pesisir Selatan 2024

Sakato.co.id – Bakri Maulana atau yang akrab di panggil BM adalah seorang anak rantau yang berasal dari Kecamatan Batangkapas, Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat (Sumbar) dalam kontestasi pemilihan kepala daerah tahun depan, dia siap pulang kampung untuk mencalonkan diri sebagai Bupati di daerah tersebut.

Seperti diketahui, Bakri Maulana S.E, MP. (BM) lahir di Batangkapas pada 8 Agustus 1962 silam, dan dia sempat bersekolah disalah satu sekolah dasar (SD) di Kampung Anakkan Batangkapas dimasa kecilnya.

Selain itu, BM juga sempat menjadi salah satu pegawai negeri sipil (PNS) dikantor agreria bidang pengukuran dan pemetaan di Pesisir Selatan, dan BM meninggalkan sebuah karya yaitu disein petah wilayah di kecamatan Bayang, dan Linggo Sari Baganti yaitu kampung transmigrasi Rantau Simalenang sebelum ia pergi merantau ke Kota Bogor pada tahun 1993.

“Ya, saya sempat jadi pengawai negeri sipil (PNS) di bidang pengukuran dan pemetaan agraria, karena waktu itu gaji pegawai cukup rendah. Lalu saya mendekatkan diri untuk merantau ke kota Bogor,”sebutnya pada Sakato.co.id.

Dirantau BM hidup dipasar dan didunia dagang selayaknya orang minang biasa yang hidup di tanah rantau. Diperantauan sambil membuka usaha kecil-kecilan, BM tidak lupa dengan status pendidikannya sehingga dia memilih kuliah dengan jurusan ekonomi disalah satu universitas di Bogor.

Usai tamat strata I dan mendapatkan gelar SE, BM kembali melanjutkan pendidikan S2nya di universitas yang juga berada di Bogor dan dia mengambil jurusan Magister kajian Pembangunan Daerah.

“Usai tamat S1 saya melanjutkan kuliah saya yaitu S2 mengambil jurusan Kajian Pembangunan Daerah, dan Alhamdulillah lulus,”katanya.

Selama kuliah S2 sambil membuka usaha, ia juga sibuk dan aktif mengikuti berbagai organisasi sosial terutama di Ikatan Keluarga Minang (IKM) di Bogor dan dia juga berhasil mendirikan aula dan asrama IKM di Kota Bogor.

“Saya cukup aktif di organisasi perantau Minang yang ada di Bogor dan mendapat berbagai jabatan di organisasi tersebut,”ucapnya.

Kemudian, ia juga ikut aktif dalam organisasi besar pasar Bogor atau Asosiasi Pedagang Seluruh Indonesia Kota Bogor dan dipercaya sebagai direktur pasar Bogor dan pembina.

“Dalam kesempatan itu, saya berhasil mengubah dan menata pasar dan para pedagang. Sehingga para pedagang dan pembeli bisa bertransaksi dengan nyaman,”ungkap BM.

Sibuk berorganisasi dan mendirikan berbagai usaha dirantau orang, Bakri Maulana (BM) diusia sekitar 60 tahun merasa hal yang didapat dirantau orang mesti diperbuat dikampung halamnnya.

Sebab, beberapa kali pulang ke kampuang halaman, ia melihat kondisi sosial ekonomi dan budaya masyarakat Pessel sangat jauh tertinggal dari daerah-daerah lainnya yang pernah ia kunjungi.

“Saya merasa terpanggil melihat kondisi daerah kita, yang seharusnya sudah sangat maju, apalagi melihat potensi laut dengan perikanannya, pertanian dan peternakannya tidak tinggal dari lain. Apalagi wisatanya cukup bagus. Tetapi mengapa belum juga bisa berkembang sejauh ini,”tuturnya

Melihat kondisi itu, ia selaku anak rantau terpanggil untuk berbuat ke kampung halamnnya, dan memajukan kampung halaman sehingga dapat bersaing dengan daerah lain dari potensi yang dimiliki.

“Nah, tentu untuk mewujudkannya saya harus bisa memegang tampuk kebijakkan daerah, yaitu menjadi Bupati Pesisir Selatan. Kalau tidak akan susah nantinya,”tegasnya Bakri Maulana.

Kendati demikian, lanjutnya, mulai tahun ini ia bertekad dan menyatakan siap maju pada Pilkada 2024 di Pessel, dan dia siap pulang kampung dan meninggalkan tanah rantau demi kemajuan daerah.

“Saya rasa sudah cukup untuk saya hidup dirantau orang. Sudah saatnya saya pulang kampung dan mengabi di tanah kelahiran demi masyarakat yang sejahtera kedepannya,”tegasnya lagi.

Lanjutnya lagi, selama satahun ini sampai 2024 mendatang ia akan fokus bersosialisasi dan bertemu masyarakat dan parah tokoh masyarakat Pessel, untuk menampung aspirasi masyarakat.

“Insyaallah tahun ini saya fokus di kampung halaman bersosialisasi, dengan tekat memajukan Pesisir Selatan, dan menyatakan maju 100 persen menjadi Bupati di tahun 2024,”tutupnya dengan tegas.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *