51 UMKM Kota Padang Peroleh Omzet 4,26 Miliar Selama Pelatihan Program DEEP

Sakato.co.id – Mandala Finance dan Prestasi Junior Indonesia (PJI) melakukan pendampingan bisnis bertajuk Digital Entreprenuer Empowerment Program (DEEP) kepada 51 pengusaha muda Kota Padang. Hasilnya transaksi penjualan  tumbuh hingga 92,2 persen dan total omzet mencapai angka 4, 26 miliar.

“Kami bangga dengan pencapaian peserta DEEP serta dampak ekonomi dan sosial yang mereka kontribusikan. Kami berharap seluruh pembelajaran dan pengalaman yang diperoleh melalui program ini dapat menjadi aset berharga bagi mereka,” ungkap Business general Manager Sumatra Mandala Finance, Trisno Situmeang, Sabtu (24/2/2024).

Lebih lanjut ia menjelaskan bahwa sektor UMKM yang mampu menopang 61,97 persen produk domestik bruto dan menyerap  97 persen total tenaga kerja Indonesia total tenaga kerja indonesia.

Sementara itu, ketua pengurus PJI, Pribadi Setiyanto mengatakan program DEEP dirancang untuk mengukuhkan 4 hal penting bagi peserta yakni pengetahuan manajemen bisnis, keterampilan pengelolaan keuangan personal dan bisnis, pemanfaatan teknologi  untuk perluasan akses pasar dan kepercayaan diri untuk berinovasi.

“Pelatihan berlangsung sejak Februari 2023, memfasilitasi 51 peserta  usia 18-35 tahun. Saat ini telah mampu mengumpulkan total pendapatan bisnis hingga 4, 26 milyar  dan melayani 44 ribu lebih transaksi penjualan ke sejumlah wilayah di luar Kota Padang dan kesempatan kerja bagi 64 orang selama enam bulan masa pendampingan,”imbuhnya.

Peserta sudah menjalani penjaringan yang panjang, mulai dari workhsop kewirausahaan, pembinaan, konsultasi bisnis dari 321 yang mendaftar dan 100 peserta yang mengikuti pelatihan awal berhasil 51 pengusaha yang menuntaskan program ini.

“Usaha yang dilakukan oleh peserta DEEP beragam mulai dari Kuliner, kriya, bisnis, jasa, hingga retail,”imbuhnya.

Sementara itu, salah satu peserta yang sampai ke tahap akhir, yang juga Owner Kue Arai Pinang Badaruk, Tri Prima Putri mengatakan bahwa pelatihan ini sangat bermanfaat bagi dirinya.

“Bertambah semangat melakukan usaha dari awalnya sendiri sekarang sudah memiliki relasi. Tiap jadwal mentoring semakin memompa semangat, karena memiliki visi yang sama. Semoga kegiatan seperti ini terus dilakukan agar UMKM terus berkembang dan menjadi besar,” pungkasnya.

(*)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *